Dosen di Unja Ini Latih Siswa Menulis Cerpen

Dosen di Unja Ini Latih Siswa Menulis Cerpen

JAMBISERU.COM – Sebagai wujud kepedulian anak didik, dosen program studi (Prodi) Sastra Indonesia, Universitas Jambi (Unja) memberikan pelatihan menulis cerpen ke siswa secara online.

Kegiatan pelatihan menulis cerpen ini dilakukan melalui program PPM (Pengabdian kepada masyarakat). Pelatihan ini diberikan oleh tim dosen Sastra Indonesia dan dosen Sendratasik.

Bacaan Lainnya

Adapun sasaran dalam pelatihan ini, dosen memberikan kesempatan kepada siswa SMA N 11 Muaro Jambi.

Kegiatan ini diketuai oleh Prof Mahdi Bahar dan anggota pengabdian Hartati serta Sovia Wulandari.

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas siswa melalui pelatihan menulis cerpen. Pelatihan menulis cerpen dilakukan secara daring melalui aplikasi belajar Edmodo.

Aplikasi Edmodo digunakan untuk memudahkan siswa dan juga tim pengabdian dalam pelaksanaan pelatihan, mengingat pada saat pandemi sekarang ini kegiatan belajar tatap muka di sekolah ditiadakan.

Sovia Wulandari, selaku anggota pengabdian menyebutkan, pelatihan menulis cerpen ini berlangsung selama 4 hari, dari tanggal 25-28 Juli 2020, yang diikuti oleh 15 orang siswa terpilih dari sekolah.

Kata dia, materi dalam pelatihan ini mengenai hakikat karya sastra, cerpen sebagai karya sastra, dan langkah-langkah dalam menulis cerpen.

“Kemudian, kita beri mereka pelatihan menulis cerpen yang mengangkat tema tentang pengalaman pribadi siswa terkait pandemic Covid-19,” kata Sovia.

Dijelaskan Sovia, dari 15 siswa yang mengikuti pelatihan menulis ini, dipilih 3 tulisan terbaik. Tulisan terbaik 1, 2, dan 3 diberikan hadiah berupa pulsa.

Pulsa juga diberikan kepada semua siswa yang mengikuti pelatihan menulis ini hanya saja untuk juara terbaik 1, 2, dan 3 jumlahnya lebih besar.

“Pemberian pulsa dan hadiah kepada siswa sebagai peserta pelatihan PPM ini adalah cara tim PPM untuk memotivasi siswa agar tertarik untuk menulis cerpen,” ujarnya.

Ia menambahkan, pelatihan menulis cerpen yang diberikan kepada siswa SMA Negeri 11 Muaro Jambi ini disambut baik oleh siswa, guru, dan juga kepala sekolah.

“Pihak sekolah merasa sangat terbantu dengan adanya pelatihan ini. Siswa juga merasa senang mengikuti pelatihan menulis cerpen ini,” tutupnya.(uda)

Pos terkait