Di Bawah Komando Cek Endra, Golkar Gagal Total di Pilkada Jambi

golkar gagal total
Cek Endra. Foto: Jambiseru.com

Jambiseru.com – Cek Endra memang terpilih menjadi Ketua DPD Golkar Provinsi Jambi periode 2020-2025 secara aklamasi pada 1 Maret 2020. Ironisnya, belum genap setahun menjabat, jagoan Golkar kalah total dalam 4 pilkada di Jambi.

Satu-satunya jagoan Golkar yang menang hanya di pilkada Bungo, itu pun karena jagoan Golkar adalah H. Mashuri dan H. Safrudin Dwi Apriyanto (Hamas – Apri), yang merupakan petahana. Pasangan ini didukung oleh 7 partai yaitu PAN, PKS, PDIP, PPP, Partai Berkarya, Partai Golkar dan Partai Bulan Bintang.

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Terlacak, Ini Identitas PPK Koto Baru yang Terlibat Penggelembungan Suara CE-Ratu

Bacaan Lainnya

Empat kekalahan yang diderita oleh Golkar terjadi di Pilgub Jambi, Pilkada Batanghari, Tanjungjabung Timur, Tanjungjabung Barat, dan Pilwako Sungaipenuh. Sebagian besar kekalahan diderita dengan cukup telak.

Salah satunya adalah di pilkada Tanjungjabung Barat. Jagoan Golkar yaitu Mulyani-Amin yang diusung PDIP, Golkar, dan PPP akhirnya kalah melawan Anwar Sadat – Hairan yang didukung 3 parpol yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Kasus Kampanye CE di Masa Tenang, Syaiful : Kalau Ditolak, Berarti Besok-besok Boleh Kampanye di Masa Tenang

Mulyani sebelumnya adalah Ketua DPRD Tanjung Jabung Barat sekaligus adik kandung Bupati Tanjungjabung Barat dua periode, Safrial. Pasangan Mulyani – Amin meraih 34,4 persen (51.837 suara) sementara pasangan Anwar Sadat – Hairan meraih 44,7 persen (67.434 suara).

Bahkan dirinya sendiri, Cek Endra – Ratu Munawaroh pun kalah tipis dalam Pilgub Jambi. Hasil real count KPU versi sirekap, pasangan Cek Endra – Ratu Munawaroh hanya meraih 37,3 persen (585.400 suara), kalah dari pasangan Al Haris – Abdullah Sani dengan perolehan 38,1 persen (597.518 suara).

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Aneh! Menang di Batanghari, Saksi CE-Ratu Malah “Serang” KPU Batanghari

Salah satu pengamat politik Jambi, Azrul Tanjung mengatakan bahwa fakta ini adalah sejarah kelam bagi Golkar di Jambi. Sebab, dalam sejarah, kekalahan telak kali ini merupakan pertama kalinya terjadi di Jambi.

“Golkar itu adalah partai lama dan kuat. Mereka biasanya selalu menjadi pemenang dalam pilkada, pilpres termasuk pileg. Mereka selalu mendapat hasil yang baik setiap pertarungan pilkada. Kali ini sungguh-sungguh di luar dugaan. Sampai mereka menderita kegagalan total dalam pilkada di Jambi,” kata Azrul yang juga pengurus MUI pusat.

Menurutnya, dengan hasil yang buruk ini, sebaiknya Golkar Jambi perlu melakukan evaluasi, apa saja yang menyebabkan mereka menderita kekalahan.

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Sarbaini: Bagi-bagi Beras Saja Ditahan, Apalagi Gelembungkan Suara

“Apakah mesin partai yang tidak berjalan, apakah salah mengusung kandidat, atau apa saja faktor-faktor yang menyebabkan mereka menderita kekalahan agar di masa mendatang, Golkar tidak mengalami hal buruk seperti ini lagi,” ujarnya. (*)

Jambi Berita Terkini, Indonesia Terbaru, dan entertainment film yang tayang di web Jambiseru.com, juga tayang di medsos Jambi Seru.

Pos terkait

hut tanjabar banner pln