Pertamina: BBM Pertalite dan Solar Mayoritas Dinikmati Orang Kaya

Pertalite di salah satu SPBU Jambi
Pertalite di salah satu SPBU Jambi

Jambi Seru – PT Pertamina Persero membuka data konsumen BBM subsisdi Pertalite dan Solar. Terungkap bahwa, mayoritas masyarakat kalangan atas atau orang kaya menikmati BBM subsidi itu.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan, sebenarnya orang kelas atas tidak berhak untuk menggunakan Pertalite.

“Jadi, hampir 60 persen terkaya menikmati hampir dari 80 persen dari total konsumsi BBM subsidi,” kata Irto dalam konferensi pers virtual, Kamis (30/6/2022).

Bacaan Lainnya

Ia melanjutkan, 40 persen masyarakat kelas bawah hanya menikmati 20 persen BBM subsidi. Dengan kondisi ini, tutur Irto, potensi terjadinya kelebihan kapasitas atau over kuota sangat tinggi.

Adapun, target realisasi konsumsi pada tahun ini sekitar 28 juta kiloliter. Akan tetapi, kuota yang diberikan pada tahun ini hanya sebesar 23,05 kiloliter.

“Jadi, Hingga Mei 2022, realisasi Pertalite itu telah melebihi kuota sebesar 23 persen, itu untuk Pertalite,” ungkapnya.

Sementara, tambah Irto, pemerintah telah mengeluarkan subsidi energi mencapai Rp520 triliun yang sebagian besar untuk Pertalite dan Solar.

“Nah, sekali lagi tadi seperti yang disampaikan bahwa Pertamina ditugaskan untuk menyalurkan BBM bersubsidi ini tepat sasaran dan tepat kuota, sesuai kuota yang ditetapkan pemerintah,” imbuh dia.

Jambi Berita Terkini, Indonesia Terbaru, dan entertainment film yang tayang di web Jambiseru.com, juga tayang di medsos Jambi Seru.

Pos terkait

hut ri hut tanjabar banner pln