Ternyata Ini Penyebab Rupiah Melemah Terhadap Dollar AS

Gubernur BI, Perry Warjiyo ungkap penyebab pelemahan rupiah terhadap dolar AS.
Gubernur BI, Perry Warjiyo ungkap penyebab pelemahan rupiah terhadap dolar AS. (Ist)

Ternyata Ini Penyebab Rupiah Melemah Terhadap Dollar AS

Jambi Seru – Dari pengamatan Bank Indonesia, dalam beberapa hari terakhir, rupiah terus melemah terhadap dollar AS. Terhitung pada 23 Mei 2022 terjadi pelemahan sebesar 1,20 persen, jika dibandingkan pada akhir April 2022.

Menurut Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo melemahnya rupiah karena aliran modal asing keluar, sejalan dengan meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global.

Bacaan Lainnya

“Dengan perkembangan ini, nilai tukar Rupiah dengan dollar sampai dengan 23 Mei 2022 terdepresiasi sekitar 2,87 persen dibandingkan dengan level akhir 2021,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (24/5/2022).

Perry mengatakan, meski melemah, pergerakan Rp masih lebih baik dibandingkan pelemahan mata uang negara berkembang lainnya, seperti India 4,11%, Malaysia 5,10%, dan Korea Selatan 5,97 persen.

Namun demikian, Ia melihat stabilitas nilai tukar Rupiah diperkirakan tetap terjaga. Hal ini didukung oleh kondisi fundamental ekonomi Indonesia yang tetap baik.

“Terutama oleh lebih rendahnya defisit transaksi berjalan dan supply valas dari korporasi yang terus berlanjut,” ucap dia.

Jambi Berita Terkini, Indonesia Terbaru, dan entertainment film yang tayang di web Jambiseru.com, juga tayang di medsos Jambi Seru.

Pos terkait

banner pln