Atasi Wabah PMK, Pemerintah Kucurkan Anggaran Sebesar Rp 4 Triliun

Sapi terserang PMK di Riau
Ilustrasi. Sapi terserang PMK. Foto : Istimewa

Jambi Seru – Demi atasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, pemerintah kucurukan anggaran sebesar Rp 4 triliun. Dengan anggaran yang besar tersebut, pemerintah berharap penyakit ini tidak sampai meluas dan segera hilang.

“Anggaran yang sudah kita persiapkan sekitar Rp4 triliun yang nantinya kita koordinasi dengan Kementan, BNPB dan Pemda,” kata Menko Airlangga saat ditemui di Lapangan Banteng, Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Menko Airlangga menjelaskan anggaran sebesar itu akan digunakan untuk pengadaan vaksin, distribusi vaksin ke daerah hingga keperluan lainnya untuk mengatasi wabah ini. Sementara sumber anggaran masih dalam kantong APBN.

Bacaan Lainnya

Ketua Umum Partai Golkar ini menyebut bahwa saat ini pemerintah sudah memesan sekitar 3 juta vaksin PMK yang didatangkan dari sejumlah negara. Untuk tahap awal ada sekitar 800 ribu dosis vaksin yang sudah datang.

Ia menyebut kebutuhan akan vaksin PMK akan mengikuti jumlah populasi hewan ternak di Tanah Air sebanyak 28 juta ekor. Saat ini pemerintah pun sudah membentuk gugus tugas yang akan mengerjakan program vaksinasi massal kepada hewan ternak.

“Pemerintah buat gugus tugas Kementan, BNPB dan struktur Pemda pelaksanaan secara mikro, kita kawal di desa dan kecamatan sehingga 3 juta vaksin bisa tersalurkan dan terus mengadakan vaksin hingga 28 juta untuk hewan ternak,” paparnya.

Lebih lanjut Menko Airlangga menyebut bahwa prioritas utama pemberian vaksin ini akan digunakan untuk para hewan ternak dengan kondisi sehat, sementara yang sudah terinfeksi akan diobati.

“Hewan sehat divaksin yang sakit diobati,” pungkasnya. (tra)

Sumber : suara.com (media partner jambiseru.com)

Pos terkait