Total Sudah 55 Jemaah Haji Asal Indonesia Wafat di Arab Saudi

Menteri Agama Gus Yaqut
Menteri Agama Gus Yaqut. (Ist)

Jambi Seru – Tercatat totalnya sudah 55 jemaah haji asal Indonesia yang wafat di Arab Saudi saat menjalankan ibadah haji. Mereka meninggal pada rentang waktu antara 4 Juni sampai 13 Juli 2022.

Dari data Kementrian Agama, sebanyak 27 jemaah wafat pada fase sebelum Armuzna, pada rentang 4 Juni sampai 7 Juli 2022. Sebanyak 16 jemaah wafat pada fase Armuzna, 8-12 Juli 2022. Dan 12 jemaah wafat usai puncak haji Armuzna, 13 Juli hingga hari ini.

Menurut Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut, setelah dievaluasi, para jamaah meninggal dunia disebut-sebut karena faktor kelelahan menjalankan rentetan ritual ibadah.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan Gus Yaqut, Sabtu (16/7/2022). “Ada evaluasi dari beberapa temuan yang ada. Salah satunya soal pelayanan,” katanya dikutip dari suara.com (media partner jambiseru.com), Minggu (17/07/2022).

Tugas pelayanan itu katanya, terkait dengan pelayanan jemaah, baik soal beribadah dengan tenang, nyaman dan aman sampai pada pemulangan.

“Kita evaluasi tadi, salah satu kesimpulannya adalah, berdasarkan temuan, masih banyak jemaah yang melakukan ritual keagamaan seperti umrah sunah,” ujarnya.

Jemaah masih banyak yang memaksakan diri untuk ibadah sunah seperti umrah, termasuk menjalankan program-program dari KBIH.
“Menurut kami, hal itu tidak begitu memperhatikan kondisi jemaah. Nanti malam kita akan rapat dengan pihak KBIH supaya bisa meminimalisir jemaah dalam melakukan ritual sunah,” ujar Gus Menteri, sapaan akrabnya.

Pos terkait