Kasus Kekerasan Seksual di Indonesia Kian Mengkhawatirkan: Tiap Hari Ada Laporan

Bimbingan Skripsi Malah Jadi Korban Pelecehan Seksual
Ilustrasi. (Ist)

Jambi Seru – Kasus kekerasan seksual di Indonesia kian mengkhawatirkan. Berdasarkan catatan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), setiap hari selalu ada laporan masuk.

Menyikapi keadaan tersebut, Kementrian PPPA telah berupaya melakukan sinergi dan koordinasi dari lintas sektoral. Ini dilakukan untuk memperkuat upaya perlindungan kepada perempuan dan anak khususnya terkait kasus kekerasan seksual yang masih kerap terjadi. Upaya ini dilakukan untuk memaksimalkan penindakan dan juga pencegahan.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengungkapkan hingga saat ini masih ada banyak kasus kekerasan seksual yang terjadi di Indonesia. Kendati demikian upaya penindakan dan pencegahan senantiasa dilakukan.

Bacaan Lainnya

“Seperti dengan sekarang, mungkin enam bulan ini tiada hari tanpa laporan kekerasan seksual. Memang kalau kita bicara kekerasan ini adalah fenomena gunung es,” kata Bintang ditemui di Balairung UGM, Selasa (17/5/2022).

Maka dari itu, Kementerian PPPA, akan terus berupaya untuk mengawal setiap kasus yang muncul. Koordinasi juga selalu dilakukan dengan sejumlah pihak di daerah dimana kasus kekerasan seksual itu muncul.

“Jadi bagaimana setiap kasus itu betul-betul kita koordinasi dengan APH (aparat penegak hukum) juga bagaimana kasus itu betul-betul bisa diselesaikan secara tepat, tuntas itu yang harapan kita,” ujarnya.

Bintang menilai bahwa isu perempuan dan anak merupakan isu yang sangat kompleks dan multisektoral. Sehingga pihaknya tidak bisa sendiri dalam menangani setiap kasus yang muncul.

Jambi Berita Terkini, Indonesia Terbaru, dan entertainment film yang tayang di web Jambiseru.com, juga tayang di medsos Jambi Seru.

Pos terkait

banner pln