Militer China Kembali Dikerahkan ke Taiwan

Latihan militer China di dekat Taiwan
Latihan militer China di dekat Taiwan. (Ist)

Jambi Seru – Hubungan China dan Taiwan kembali memanas. Militer China kembali dikerahkan ke Taiwan. Pengerahan pasukan militer ini dilakukan, sebagai buntut dari kunjungan delegasi Kongres Amerika Serikat ke Taiwan pada Minggu (14/8/2022). Kunjungan tersebut dilakukan hingga Senin (15/8/2022).

Delegasi Kongres Amerika Serikat tersebut dipimpin langsung oleh senator Partai Demokrat, Edward J Markey.

Komando Armada Timur Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) mengerahkan pasukan dari berbagai kesatuan tempur untuk melakukan latihan di sekitar wilayah udara dan laut Taiwan.

“PLA mengorganisasikan beberapa kesatuan tempur untuk melakukan latihan patroli dan kesiapsiagaan tempur,” kata juru bicara Komando Armada Timur PLA Senior Kolonel Shi Yi kepada pers, mengutip dari Suara.com (media partner jambiseru.com), Senin.

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mendesak AS untuk mematuhi prinsip satu China dan tiga komunike bersama China-AS, yang di dalamnya termaktub bahwa Taiwan merupakan bagian dari wilayah kedaulatan China.

“Delegasi pimpinan Senator AS Ed Markey telah mengabaikan demarkasi China. Ini jelas-jelas adalah pelanggaran terhadap prinsip satu China dan ketentuan tiga komunike bersama China-AS,” katanya dalam konferensi pers rutin di Beijing, Senin.

Kunjungan Ed Markey tersebut terjadi 12 hari setelah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan –yang membuat China marah hingga mengerahkan kekuatan besar militernya di sekitar Pulau Taiwan pada 3 Agustus 2022.

Pos terkait