ASEAN Bakal Gunakan Senam Indonesia di Setiap Acaranya

ASEAN Bakal Gunakan Senam Indonesia
Ilustrasi Senam. Foto : Istimewa

Jambi Seru – Dalam beberapa waktu ke depan, ASEAN bakal gunakan Senam Indonesia di setiap acaranya. Senam yang dimaksud yaitu senam Aerobic Sat Kartini. Senam tersebut secara resmi telah diluncurkan oleh Kementrian Kesehatan.

Senam ini juga disebut ASEAN Fun Aerobic Dance (AFAD), yang diluncurkan dalam event ASEAN Health Ministers Meeting ke -15 atau 15th AHMM, Bali, Indonesia beberapa waktu laku.

Menariknya, AFAD ini hasil dari AFADC, kompetisi internasional ASEAN di 2021 lalu, dan berhasil dimenangkan peserta dari Indonesia, yakni Sat Kerthi for All.

Senam ini mendapatkan voting juri terbanyak dari 3 pemenang yang semuanya berasal dari Indonesia.

Ketiga pemenang itu adalah Sat Kerthi for All, skor 571.4 dari Indonesia. Asia Tenggara yang Indah, skor 561.2 dari Indonesia, dan Budaya Tradisional ASEAN, skor 554.4 yang juga dari Indonesia.

Seluruh pemenang ini mengungguli 21 peserta yang mengirimkan video. 20 peserta Indonesia, 5 peserta Thailand dan 2 peserta Malaysia.

Para pemenang berhasil menarik perhatian juri, yang menilai sejak 15 September hingga 15 Oktober 2021.

Panelis 8 orang dewan juri berasal dari Jepang, Brazil, Indonesia, Kamboja dan Thailand dengan latar belakang ahli, asosiasi profesi fitness, dokter olahraga, koreografer tari atau senam dan perwakilan dari ASEAN.

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI Maria Endang Sumiwi berharap, senam yang berhasil jadi pemenang bisa digunakan untuk memperkuat promosi gaya hidup sehat melalui dorongan dan mobilisasi aktivitas fisik di komunitas ASEAN, dan menjadi olahraga yang mewakili komunitas ASEAN.

“Saya bangga mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan oleh ASEAN dan untuk ASEAN. Jadi, mari berlatih ASEAN Fun Aerobic Dance untuk ASEAN yang lebih sehat. Melalui peluncuran AFADC ini diharapkan dapat menjadi upaya promosi aktifitas fisik yang mendukung gerakan hidup sehat untuk masyarakat ASEAN,” kata Maria.(tra)

Sumber : suara.com (media partner jambiseru.com)

Jambi Berita Terkini, Indonesia Terbaru, dan entertainment film yang tayang di web Jambiseru.com, juga tayang di medsos Jambi Seru.

Bisa lihat di:

1. Facebook Jambi Seru

2. Instagram Jambi Seru

3. Twitter Jambi Seru

4. Google News Jambi Seru

JANGAN LUPA FOLLOW, LIKE DAN SHARE MEDSOS JAMBISERU.COM

Informasi dan ingin kegiatan Anda diliput, hubungi redaksi Jambi Seru HP/WA : 0852-6759-9009 (Whatsapp Klik di sini )

Pos terkait