Partai Demokrat Buka Peluang Duet AHY-Anies Baswedan

Duet AHY-Anies Baswedan
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat menemui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, Kamis (6/4/2021). (Suara.com/Fakhri Fuadi)

Jambi Seru – Jelang pemilihan presiden 2024, Partai Demokrat buka peluang duet Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dengan Anies Baswedan. Namun duet pasangan ini baru terwujud jika ada dukungan dari partai lainnya.

Hal itu disampaikan oleh Deputi Analisis Data dan Balitbang DPP Partai Demokrat, Syahrial Nasution. Ia menilai, banyak masyarakat yang menginginkan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berduet dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang.

Hanya saja, kata Syahrial, kekinian duet itu bisa terwujud tinggal menunggu partai politik lain untuk mengusung Anies.

Bacaan Lainnya

“Banyak yang ingin menduetkan Mas @AgusYudhoyono dengan Mas @aniesbaswedan pd Pilpres 2024. Jika itu sebuah harapan, maka hanya AHY yg paling firmed. Karena beliau pengendali @PDemokrat. Kita masih menunggu parpol mana yang akan menggendong Anies?,” kata Syahrial dalam cuitannya di twitter @syahrial_nst dikutip Senin (9/5/2022).

Menurut Syahrial, sejumlah lembaga survei menempatkan duet Anies-AHY berada di urutan teratas. Demikian juga jika AHY diduetkan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Namun ada masalah, pasalnya jabatan kedua gubernur tersebut segera berakhir dan kembali menjadi warga biasa.

“Ada strategi, jika ada parpol yg berani mendeklarasikan Anies atau Ganjar sbg Capres sblm berakhir jabatan gubernur, menjelang akhir tahun ini. Mungkin, eksistensi elektabilitasnya bisa diprediksi bertahan atau makin naik. Muncul pertanyaan, parpol apa yg berani melakukan?,” tuturnya.

Menjadi pertanyaan kekinian parpol mana yang berani mengusung Anies atau Ganjar menjadi capres. Ganjar meski sebagai kader PDIP dinilai partainya lebih condong mengusung Puan Maharani.

“Apalagi Anies, tidak punya ikatan ke parpol. Namun, “dukungan” lembaga survei ada pd Anies dan Ganjar. Artinya, relawan atau konsultan politik keduanya akan bekerja keras utk “memaksakan” dukungan parpol,” tuturnya.

Syahrial mengatakan, AHY sebagai ketum parpol termuda pemilik kursi di parlemen tidak sedikit pun memiliki hambatan komunikasi dengan ketum parpol lainnya. AHY di survei-survei juga selalu di tempatkan di posisi 5 besar.

Syahrial menyebut, AHY punya setidaknya 2 modal rill. Pertama, AHY sebebagai ketum parpol punya 54 kursi di Senayan. Kedua, elektabilitasnya cukup memadai untuk membuat perikatan.

“Ruang komunikasi para ketum parpol dg Mas AHY juga lebih mudah dikerucutkan. Misalkan dg PDIP yang perolehan suaranya cukup melenggang sendiri. Atau dengan Gerindra dan Golkar lewat paket duet koalisi. Skenario ini selain cukup syarat untuk maju, juga berpeluang menang pada Pilpres 2024. Calon dari @PDemokrat satu2nya adalah Mas AHY. Sdh clear..!,” katanya.

Sementara soal koalisi, Syahrial menyampaikan, Demokrat bisa membangun koalisi dengan NasDem, PKB, PKS, PAN dan PPP. Hal itu dilakukan demi memenuhi ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden atau Presidential Threshold (PT) 20 persen.

“Lagi-lagi dengan modal suara dan elektabilitas, Demokrat hanya akan mengajukan Mas AHY. Spy menang, perlu diskusi yg cermat,” ungkapnya.

“Koalisi lebih dari 2 parpol untuk menang, penuh tantangan dan kesabaran. Selain perlu hitungan cermat juga butuh kebijaksanaan. Apapun kondisinya, baiknya kebijaksanaan itu didasari perolehan suara dan elektabilitas, maka komunikasi jadi lebih enjoy. Dan AHY mampu membuatnya enjoy,” imbuhnya. (tra)

Sumber : suara.com (media partner jambiseru.com)

Pos terkait