Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Cara meningkatkan komunikasi
Cara meningkatkan komunikasi

Jambi Seru – Komunikasi adalah hal penting. Ada banyak cara untuk meningkatkan kemampuan komunikasi bagi Anda.

Ada begitu banyak yang perlu diketahui tentang percakapan yang dapat disadari oleh siapa pun, bahkan saya. Anda bisa pergi sambil menonton acara bincang-bincang; program radio; klub yang didedikasikan untuk berbicara di depan umum; percakapan biasa; aturan tertentu masih berlaku dalam hal interaksi melalui kata-kata. Ini mungkin terdengar membosankan, saya tahu, tetapi meskipun mulut Anda yang bekerja, otak Anda bekerja dua kali lebih keras untuk menghasilkan banyak hal yang Anda tahu. Jadi, cara yang lebih baik untuk mulai belajar menjadi komunikasi yang efektif adalah dengan mengenal orang yang paling dekat dengan Anda: diri Anda sendiri.

1. Apa yang Anda ketahui

Bacaan Lainnya

Pendidikan adalah tentang mempelajari dasar-dasarnya, tetapi menjadi pembicara yang efektif adalah dengan mempraktekkan apa yang telah Anda pelajari. Tugas saya sebagai tamu di setiap pertemuan Toastmasters mengajari saya bahwa kita semua memiliki keterbatasan, tetapi itu tidak berarti kita tidak dapat belajar untuk mengikuti dan membagikan apa yang kita ketahui.

2. Mendengarkan

Ini sama pentingnya dengan mengajukan pertanyaan. Terkadang mendengarkan suara kita sendiri dapat mengajari kita untuk sedikit percaya diri dengan diri kita sendiri dan mengatakan hal-hal yang kita yakini dengan keyakinan.

3. Kerendahan hati

Kita semua melakukan kesalahan, dan terkadang kita cenderung mengumpat, gagap, dan mungkin salah mengucapkan kata-kata tertentu meskipun kita tahu artinya, tetapi jarang menggunakannya hanya untuk mengesankan pendengar. Jadi dalam kelompok, jangan takut untuk bertanya apakah Anda mengucapkan kata yang benar dengan benar dan jika mereka tidak yakin, buatlah lelucon. Saya berjanji itu akan membuat semua orang tertawa dan Anda juga bisa lolos begitu saja.

4. Kontak Mata

Ada banyak hal yang bisa dikatakan tentang mengarahkan perhatian Anda ke audiens Anda dengan tatapan yang menarik. Penting bagi Anda untuk tetap fokus saat berbicara dengan kelompok besar dalam rapat atau pertemuan, meskipun dia mungkin cantik.

5. Bercanda

Sedikit humor dapat membantu menghilangkan ketegangan, atau kebosanan yang lebih buruk saat berpidato. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan perhatian dari mayoritas orang banyak dan mereka akan merasa bahwa Anda sama mudahnya didekati, dan sebagai manusia bagi mereka yang mendengarkan.

6. Jadilah seperti yang lainnya

Interaksi adalah tentang bergaul dengan orang lain. Anda akan mendapatkan banyak ide, sekaligus mengetahui apa yang dibuat orang seperti apa adanya.

7. Aku, Diriku, dan Aku

Akui saja, ada kalanya Anda bernyanyi untuk diri sendiri di kamar mandi. Aku tahu aku tahu! Mendengarkan suara Anda sendiri saat Anda melatih pidato Anda di depan cermin dapat membantu memperbaiki area stres nada Anda. Dan saat Anda melakukannya, Anda juga bisa merapikannya.

8. Dengan senyuman

Senyum mengatakan itu semua seperti kontak mata. Tidak ada gunanya meringis atau mengerutkan kening dalam rapat atau pertemuan. Anda dapat mengungkapkan dengan lebih baik apa yang Anda katakan saat tersenyum.

9. Seorang Model Peran

Harus ada setidaknya satu atau dua orang dalam hidup Anda yang telah Anda dengarkan ketika mereka berada di pertemuan umum atau mungkin di gereja. Tentu mereka membaca dialog mereka, tetapi memperhatikan bagaimana mereka menekankan apa yang mereka katakan dapat membantu Anda begitu Anda menjadi pusat perhatian.

10. Persiapan

Manfaatkan persiapan dengan sebaik-baiknya daripada hanya mencoret-coret catatan dan sering kali dalam kepanikan yang tergesa-gesa. Beberapa orang suka menuliskan sesuatu di kartu indeks, sementara yang lain memilih untuk menjadi sedikit lebih konyol ketika mereka melihat catatan mereka yang tertulis di telapak tangan mereka (tolong, bukan untuk tangan yang lembap). Nyamanlah dengan apa yang Anda ketahui karena Anda menikmati pekerjaan Anda.

Dan itu tentang membungkusnya. Saran-saran ini agak amatir dalam hal edgewise, tetapi saya telah belajar untuk memberdayakan diri saya sendiri ketika berbicara di depan umum atau pribadi dan tidak ada salahnya untuk bersama orang-orang untuk mendengarkan bagaimana mereka membuat percakapan dan pertemuan jauh lebih menyenangkan serta mendidik.(red)

Pos terkait