Penembakan Pesawat di Nduga Papua

Penembakan pesawat di Nduga Papua
Penembakan pesawat di Nduga Papua

Penembakan Pesawat di Nduga Papua

Jambi Seru – Aksi teror kembali dilakukan KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) di Bandara Kenyam Kabupaten Nduga, Papua. Kelompok bersenjata itu menembak Pesawat milik Sam Air PK – SMG dengan Penerbangan Wamena – Nduga yang sedang mendarat di bandara Kenyam, Selasa (7/6/2022).

[lwptoc title=”KKB Tembak Pesawat di Nduga Papua”]

Bacaan Lainnya

Aksi ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun saat ini kondisi pesawat mengalami rusak total.

Pilot Sempat Ditodong Senjata

Wakasatgas Humas Ops Damai Cartenz Papua AKBP Arif Irawan mengatakan, KKB menyasar pesawat SAM AIR di Bandara Kenyam, Nduga, Papua, sekitar pukul 10.50 WIT, Selasa (7/6/2022).

Korban luka diketahui pilot bernama Farhan Fachri (27) dan co-pilot bernama Reza Ragainaga (23).

“(Pelaku penembakan) Diduga KKB Nduga pimpinan Egianus Kogoya,” ujar AKBP Arif Irawan, lewat rilis pers kepada Jambiseru.com.

Arif menjelaskan, korban pilot dan co-pilot sempat ditodong senjata namun para korban langsung melarikan diri. Namun kedua korban mengalami luka-luka pada sejumlah bagian tubuhnya.

“Tidak (bukan luka tembakan). Mereka menyelamatkan diri walau ada rintangan yang menyebabkan mereka luka-luka,” katanya.

Selain korban pilot, serangan juga mengakibatkan sejumlah bagian pesawat terkena tembakan, salah satunya moncong pesawat berlubang dan bannya bocor.

“Telah terdengar bunyi tembakan kurang lebih sebanyak 22 kali dari arah bandara Kenyam Kabupaten Nduga,” katanya.

Dia mengatakan petugas telah merespons serangan itu dengan menerjunkan aparat gabungan TNI Polri ke lokasi. Selain mengejar pelaku, petugas juga disiagakan di Bandara Kenyam.

“Belum diperoleh informasi pasti yang terkonfirmasi terkait kerugian dari kejadian tersebut,” katanya.

Ditembak Saat Pesawat Sudah Mendarat

Hal ini dibenarkan oleh Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz Kombes Pol A. Mustofa Kamal SH. Informasi penembakan pesawat itu didapat dari laporan anggotanya yang sedang berada di TKP.

“Kronologis terjadi saat pesawat mendarat di bandara Kenyam. Saat kondisi pesawat mati petugas langsung membuka pintu bagasi dan kedua pilot masih dalam pesawat. Tiba-tiba dari arah Alguru (kali kenyam) pihak KKB melakukan penembakan kearah pesawat tepat sasaran pada pilot,” ujar Kasatgas.

Lanjut Kasatgas, begitu mendengar tembakan para petugas dan pilot langsung melarikan diri dari TKP. Dan pihak KKB juga sempat menguasai area bandara selama beberapa saat.

Setelah itu, KKB kemudian pergi melarikan diri. Dan petugas yang mendapatkan laporan langsung menuju dan mengamankan TKP.

“Kita masih mendalami apa motif aksi serangan ini. Jelas sasaran mereka adalah pihak aparat dan masyarakat. Perkembangan selanjutnya nanti akan kami laporkan kembali,” pungkas Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz.

Staf Ahli Bupati Nduga Minta Maaf Atas Peristiwa Penembakan Pesawat di Bandara Kenyam

Pemerintah dan seluruh lapisan Masyarakat Kab. Nduga memohon maaf atas kejadian penembakan pesawat yang dilakukan KKB. Hal ini disampaikan langsung oleh Djoni Karel Rumpaidus, SE yang merupakan Staf Ahli Kab. Nduga, Selasa (7/6/22).

Djoni Karel, menyesali atas terjadinya peristiwa ini. Ia berharap peristiwa serupa tidak kembali terjadi di kab. Nduga.

“Mewakili Pemerintah Kab. Nduga sekali lagi mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya dan menyesali kejadian penembakan pesawat tersebut,” ujar Djoni Karel.

Selain itu, pihaknya juga mengucapkan terimaksih kepada TNI – Polri yang telah hadir dilokasi TKP tepat waktu sehingga situasi di bandara Kenyam bisa diambil alih serta kembali kondusif.

“Kami terimaksih atas bantuan semua Pihak baik TNI Polri yang sigap mengamankan Lokasi. Kami tidak bisa membalas kebaikan bapak-bapak sekalian namun kami percaya Tuhan punya rencana yang lebih baik untuk kita semua,”tegas Djoni.

Penembakan yang dilakukan oleh KKB di Bandara Kenyam ini terjadi pada Selasa (7/6) tepatnya pukul 10.50 WIT. Dari kejadian tersebut tidak ada korban Jiwa, namun pesawat milik SAM Air tersebut mengalami Rusak Parah.

Saat ini pihak Kepolisian juga masih melakukan penyelidikan terkait motif penembakan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata tersebut.(nas)

Pos terkait