Nasib Sampah Roket Antariksa yang Melintasi Sumatera Selatan

Ilustrasi. Foto : Istimewa

Jambi Seru – Sampah roket antariksa CZ5B milik China, diprediksi melintasi langit Sumatera Selatan. Bagaimana nasib sampah roket ini?

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memprediksi, ada sampah antarksa CZ5B, roket bekas peluncuran modul stasiun antariksa China yang berbobot sekitar 20 ton dan berukuran 30 meter, akan melintasi Sumatera bagian selatan.

“Terpantau, Indonesia di wilayah Sumatera bagian selatan dan Kalimantan Barat terlintasi pada saat-saat akhir lintasan bekas roket,” kata Peneliti Senior BRIN Thomas Djamaludin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (31/7/2022).

Bacaan Lainnya

Thomas mengatakan jika sampah antariksa besar itu jatuh di Samudera Hindia pada Sabtu (30/7) pukul 23.45 WIB. Meski demikian, sampah antariksa yang jatuh di laut tidak berbahaya bagi biota laut di perairan itu.

Prediksi ini didasari pada data orbit dari pemantauan space-track.org yang menunjukkan titik jatuh di barat daya Indonesia.

“Namun bisa jadi ada pecahannya yang mungkin tersebar sepanjang lintasan terakhir, orbitnya melintasi Sumatera bagian selatan,” ujarnya.

Thomas juga mengatakan, jika masyarakat melihat melihat objek langit yang jatuh sekitar pukul 23.45 WIB, dapat segera melaporkan ke Pusat Riset Antariksa BRIN melalui surat elektronik prantariksa@brin.go.id.

Sementara Kepala Pusat Riset Antariksa BRIN Emanuel Sungging Mumpuni mengatakan berdasarkan hasil analisis tim Riset Benda Jatuh Antariksa, sampah antariksa itu akan jatuh di sekitar wilayah selatan Filipina, dan akan berada pada ketinggian 10 kilometer (km) di atas wilayah Sarawak, Malaysia.

Ia menuturkan proses benda jatuh antariksa juga berhasil direkam oleh pengamat di Lampung melalui Observatorium Astronomi ITERA Lampung (OAIL).

Menurut informasi dari Kementerian Sains, Teknologi, dan Inovasi (MOSTI) melalui maklumat tertulis Agensi Angkasa Malaysia (MYSA) pada 31 Juli 2022, serpihan roket yang sama juga terpantau di wilayah Malaysia.

Serpihan roket tersebut telah terbakar semasa memasuki ruang udara bumi dan pergerakan serpihan yang terbakar melintasi ruang udara Malaysia. (nas)

Sumber: Suara.com

Pos terkait