Masyarakat Abaikan Prokes, Kecamatan Muara Bulian Jadi Zona Merah

Masyarakat Abaikan Prokes
Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Batanghari, dr. Elfie Yennie.Foto: Rizki/Jambiseru.com

JAMBISERU.COM – Akibat banyak masyarakat Abaikan protokol kesehatan (Prokes), Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, jadi zona merah. Ini dilakukan, menyusul semakin meningkatnya jumlah pasien positif di kabupaten Batanghari.

Menurut jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Batanghari, dr. Elfie Yennie, penetapan Kecamatan Muara Bulian jadi zona merah dilakukan Tim satgas covid-19 Batanghari, akibat kabupaten Batanghari menjadi penyumbang kasus positif terbanyak di provinsi Jambi.

“Iya, untuk angka pasien positif Covid 19 di Provinsi Jambi sebanyak 29 orang, 27 orang berasal dari Kabupaten Batanghari. Jadi kita penyumbang pasien positif Covid terbanyak di Provinsi Jambi,” katanya, Senin (26/4/2021).

Bacaan Lainnya

Dikatakan Elfie, untuk Kecamatan Muara Bulian yang ditetapkan sebagai zona merah hari ini, berdasarkan indikator-indikator yang terpenuhi untuk masuk dalam zona merah penyebaran Covid 19.

“Indikatornya adalah, angka kematian sebanyak 2 orang, angka suspect yang cukup tinggi dalam satu minggu terkahir dan penyebaran Covid 19 di RT-RT yang semakin merata,” ujarnya.

Disebutkan Elfie, untuk kelonjakan kasus Covid 19 yang meningkat di Kecamatan Muara Bulian, karena kurangnya penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat selama bulan ramadhan.

“Karena selama bulan ramadhan ini, kerumunan terjadi menjelang sore. Inilah sebenarnya penyebab tingginya penyebaran Covid 19 di Kabupaten Batanghari,” teangnya.

Dilanjutkan Elfie, diharapkan kepada masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan selama beraktivitas di bulan ramadhan ini.

“Karena ini tanggung jawab kita bersama, jadi kita semua harus mematuhi aturan protokol kesehatan,” katanya. (riz)

Pos terkait