Mudik Lebaran Tahun Ini Resmi Dilarang Pemerintah

  • Whatsapp
puncak-arus-mudik
Ilustrasi arus mudik. Foto : Istimewa

Jambiseru.com – Pemerintah menetapkan mudik lebaran tahun ini resmi dilarang. Keputusan pelarangan mudik lebaran diambil, dengan mempertimbangkan risiko penularan covid-19.

Adanya keputusan dilarangnya mudik lebaran tahun ini, disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy pada Jumat (26/3/2021). Keputusan ini diambil, karena pemerintah melihat adanya peningkatan kasus usai libur natal dan tahun baru lalu.

Selain itu, keputusan ini juga sudah disesuaikan dengan keputusan presiden RI dan koordinasi Menteri pada 23 maret lalu.

“Sesuai dengan arahan bapak Presiden dan hasil keputusan rapat koordinasi tingkat menteri yang diselenggarakan 23 Maret 2021 di Kantor Kemenko PMK yang dipimpin Menko PMK serta hasil konsultasi dengan Presiden maka ditetapkan bahwa tahun 2021, mudik ditiadakan,” kata Muhadjir Effendy, dalam jumpa pers virtual.

Menurut Muhadjir, pemberlakuan larangan mudik lebaran ini bagi seluruh ASN, TNI-Polri, Karyawan BUMN, karyawan swasta pekerja mandiri dan seluruh masyarakat Indonesia.

“Sehingga, upaya vaksinasi yang dilakukan bisa menghasilkan kondisi kesehatan yang semaksimal mungkin sesuai diharapkan,” terangnya.

Ia juga menjelaskan, aturan ini diatur oleh kementrian terkait, termasuk juga satgas covid-19. Sedangkan untuk pengawasannya, akan dilakukan oleh TNI, Polri dan kementrian perhubungan.

Larangan mudik 2021 itu dimulai pada tanggal 6 Mei hingga 17 Mei 2021. Di luar tanggal tersebut, kegiatan keluar daerah juga tidak disarankan, kecuali untuk keperluan mendesak.

Bagaimana dengan aktivitas selama Ramadhan?

“Kegiatan keagamaan dalam rangka menyambut Ramadhan dan Idul Fitri akan diatur Kemenag dengan berkonsultasi dengan organisasi keagamaan,” ujar Muhadjir. (tra)

Sumber : detik.com

Pos terkait