Tukul Arwana Dikabarkan Mengalami Pendarahan Otak, Ini Penyebabnya

Tukul Arwana
Tukul Arwana. Foto : Istimewa

Jambiseru.com – Presenter Tukul Arwana dikabarkan mengalami pendarahan Otak. Akibat penyakit tersebut, ia terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasional di Cawang, Jakarta Timur pada Rabu (22/9/2021).

Rekan Tukul, Ramzi mengungkapkan dirinya sempat berbincang dengan tim produser di acara Tukul Arwana dan diketahui tak sadarkan diri.

Pendarahan otak merupakan salah satu jenis stroke yang disebut juga dengan istilah brain hemorrhage. Kondisi ini terjadi saat pembuluh arteri pada otak pecah.

Bacaan Lainnya

Pendarahan dapat terjadi di dalam otak, di antara otak dan selaput (membran) yang melapisinya, di antara lapisan pelindung otak, atau di antara tengkorak kepala dan lapisan pelindung otak.

Kondisi ini dapat ditangani dengan cara mengenali apa saja faktor-faktor risiko yang ada. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai penyakit ini, Anda dapat berdiskusi langsung dengan dokter.

Berikut ini sejumlah penyebab pendarahan otak dilansir Suara.com:

1. Trauma pada kepala

Cedera merupakan salah satu penyebab utama pendarahan pada otak. Kondisi ini lebih banyak ditemui pada orang-orang yang berusia di bawah 50 tahun.

2. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi kronis dapat melemahkan dinding pembuluh darah dalam jangka waktu yang panjang. Apabila kondisi ini tidak segera diatasi, darah akan mengumpul di otak dan mengakibatkan munculnya gejala-gejala stroke.

3. Aneurisma

Aneurisma adalah kondisi di mana dinding pembuluh darah yang terdapat di otak melemah dan mengalami pembengkakan. Pembengkakan ini berpotensi pecah dan mengakibatkan pendarahan pada otak, serta munculnya gejala stroke.

4. Kelainan pembuluh darah

Kondisi yang disebut juga dengan arteriovenous malformations (AVM) ini terjadi akibat melemahnya pembuluh darah di dalam dan sekitar otak. Biasanya, kelainan ini muncul saat baru lahir dan hanya terdiagnosis apabila gejala-gejalanya muncul.

5. Amyloid angiopathy

Pos terkait