Khatib Masjidil Haram Diserang Saat Berkhotbah

  • Whatsapp
police line
Ilustrasi garis polisi. (Shutterstocks)

Jambiseru.com – Syeikh Bandar Al Baleelah, saat menjadi khatib Masjidil Haram diserang seorang pria bertongkat. Saat itu ia tengah memberikan khutbah salat jumat. Padahal saat itu kawasan Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi tengah dijaga ketat oleh petugas.

Berdasarkan foto yang diunggah akun Twitter resmi Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Jumat (21/5/2021) Syeikh Baleelah berkotbah di atas mimbar berwarna putih. Mimbar tersebut tepat berada di belakang bangunan Ka’bah. Mimbar tersebut tertutup oleh pagar.

Posisi mimbar khatib di Masjidil Haram yang diserang ( Twitter @ReasahAlharmai)Posisi mimbar khatib di Masjidil Haram yang diserang ( Twitter @ReasahAlharmai)

Sementara itu, tampak sejumlah petugas berseragam lengkap berjaga di depan mimbar saat kotbah salat Jumat berlangsung. Tampak juga para jemaah salat Jumat yang berdiri dan duduk.

Saf paling depan diisi oleh jemaah yang duduk. Jemaah yang berdiri juga tampak sedang membawa payung di tengah terik matahari.

Posisi mimbar khatib di Masjidil Haram yang diserang ( Twitter @ReasahAlharmai)Posisi mimbar khatib di Masjidil Haram yang diserang ( Twitter @ReasahAlharmai)

Seperti dilansir Gulf Today, Sabtu (22/5/2021), ada pria yang berusaha menyerang khatib. Pria yang tidak diketahui identitasnya itu telah diamankan petugas keamanan yang berjaga di sekitar mimbar, sebelum sempat melancarkan serangannya.

“Seorang pria yang berupaya menyerang mimbar yang menjadi lokasi imam menyampaikan khotbah sebelum Salat Jumat di Masjidil Haram telah ditangkap,” demikian pernyataan Kepolisian Mekah via Twitter.

Disebutkan bahwa pria itu membawa sebuah tongkat saat berlari mendekati mimbar, sebelum akhirnya diamankan petugas keamanan.

“Pria itu, mengenakan ihram dan mengacungkan tongkat, dengan cepat ditangkap dan prosedur hukum terhadapnya telah dilakukan,” imbuh pernyataan Kepolisian Mekah.

Momen percobaan penyerangan itu terekam video yang menunjukkan sesosok pria yang memakai ihram tiba-tiba berlari mendekati mimbar, namun dia gagal mendekati sang khatib Salat Jumat dan langsung disergap oleh petugas keamanan yang berjaga di lokasi.

Motif di balik percobaan penyerangan ini belum diketahui secara jelas.

Para pengguna media sosial Saudi memuji kesigapan petugas keamanan Masjidil Haram dalam insiden ini. (tra)

Sumber : detik.com

Pos terkait

-------------------------

BACA CARA DAN TIPS DI SINI

-------------------------