HP Anda Hari Ini Error dan Aneh? Tenang, Ini Bukan Rusak Tapi Diduga Google Sedang Error

  • Whatsapp
HP Anda Hari Ini Error
Layanan Google dilaporkan down pada siang hari ini, Selasa (22/6). Foto: kumparan

Jambiseru.com – Anda pemilih HP dengan sistem operasi Android? HP Anda error tanpa sebab dan terlihat aneh? Tenang, itu bukan karena rusak, melainkan karena Google sebagai pengembang Android diduga sedang mengalami gangguan atau error.

Putra, pengguna ponsel android di Kota Jambi mengaku, sejak siang HP-nya terlihat bergerak sendiri. Kadang muncul notifikasi dari HP kadang tak bisa diakses.

Bacaan Lainnya

“Kayaknya rusak. Tadi mau ke counter HP mau baekin, tapi dengar google error, jadi nunggu bae sapo tau bagus dewek,” ungkap Putra, Selasa (22/6/2021).

Terpisah, Padli, pengguna HP android lain juga mengakui hal sama. Kata dia, meski tak terlalu mengganggu, namun menu pada layar HP-nya tampak mengalami gangguan juga.

“Kadang menunya bergerak sendiri, kadang diam. Setelah direset, masih juga seperti itu. Tapi untungnya sekarang sudah tidak lagi,” bebernya.

Pembaca Jambiseru.com juga ada beberapa yang menanyakan perihal ini. “Apakah Google Error? Soalnya hp kami bermasalah, kata kawan-kawan google lagi error,” tanya seorang pembaca Jambi Seru.

Apa benar Google sedang error sehingga merembet kepada sistem operasi android?

Dilansir laman Kumparan.com, layanan Google dilaporkan error pada siang hari ini, Selasa (22/6/2021). Beberapa pengguna di Twitter melaporkan, sejumlah aplikasi seperti Gmail hingga Google App selalu crash saat dibuka.

Hingga saat ini, belum diketahui pasti penyebab Google down ini. Namun, masalah ini tampaknya hanya berlangsung bagi sebagian pengguna Android, sedangkan yang lainnya tidak mengalami gangguan teknis ini.

Berdasarkan catatan situs pemantau Down Detector, layanan Google eror di Indonesia per 11.13 WIB. Adapun di seluruh dunia, laporan layanan Google down mulai melonjak per 11.11 WIB.

Kumparan telah meminta tanggapan Google Indonesia terkait masalah ini. Perwakilan Google Indonesia menjelaskan, mereka sedang menyelidiki crash yang dialami pengguna.

“Kami telah menerima laporan bahwa Google App di Android tidak berfungsi seperti yang diharapkan untuk beberapa pengguna. Kami sedang menyelidiki masalah ini,” kata perwakilan Google Indonesia.

Meski penyebab Google terganggu siang ini belum dapat dipastikan secara resmi, Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, berpendapat bahwa update terbaru Google mungkin menjadi biang keroknya.

“Sepertinya ada bug Google yang baru saja muncul hari ini. Tim sedang menyelidikinya. Sementara itu jika Anda melihat pembaruan untuk aplikasi Google di Play Store, harap tunda pembaruan,” kata Alvin Tse lewat akunnya di Twitter.

“Untuk saat ini Anda dapat menghentikan kesalahan ini dengan mencopot pemasangan pembaruan Google. Mohon RT agar lebih banyak orang tidak menginstal pembaruan aplikasi Google terbaru.”

Google sendiri dalam posting-an di Twitter meminta pengguna yang terdampak crash dan notifikasi ‘Terus Berhenti’ agar reboot perangkat dengan tekan tombol power selama 30 detik. (red)

Sumber : Kumparan.com dan berbagai sumber

Pos terkait