Ketua DPR RI Minta Pemberlakukan PSBB di Zona Merah, Termasuk Kota Jambi

  • Whatsapp
Ketua DPR RI Minta Pemberlakukan PSBB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Dok: DPR)

Jambiseru.com – Ketua DPR RI Puan Maharani minta pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di daerah Zona merah, termasuk di Kota Jambi. Ia menilai dengan penerapan PSBB oleh pemerintah dapat mengendalikan penyebaran virus.

Menurut Puan, PSBB dapat diterapkan di daerah yang masuk zona merah. Sementara daerah di luar zona merah, dapat diterapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro.

Bacaan Lainnya

“Pemerintah harus segera bertindak untuk mengatasi lonjakan kasus Covid-19 yang makin mengkhawatirkan. Berlakukan PSBB secara terbatas untuk daerah-daerah zona merah, atau pengetatan PPKM mikro,” katanya, Senin (21/6/2021).

Lebih lanjut, dia menuturkan, pemerintah pusat harus menentukan langkah penanganan yang serius dan mendesak, serta memastikan koordinasi dan pengawasan ketat berjalan dalam penanganan Covid-19 khususnya di daerah zona merah.

Langka segera dengan tepat, perlu diambil menyusul mencuatnya keinginan masyarakat agar pemerintah menetapkan karantina wilayah atau lockdown.

Puan mengemukakan, sesuai Undang-undang Kekarantinaan Kesehatan, pemerintah memiliki kewenangan mengambil langkah pembatasan sosial atau bahkan lockdown untuk mengatasi pandemi ini. Namun tentunya hal itu perlu pertimbangan.

“Arah kebijakan dari pemeringah pusat secepat mungkin sangat diperlukan mengingat sebaran Covid-19 di berbagai daerah (lintas daerah),” ujar Puan.

“Tombol bahaya harus dinyalakan untuk kondisi darurat ini dan meningkatkan kesadaran akan bahaya lonjakan kasus Covid-19,” katanya.

Seperti diketahui, Kota Jambi menjadi salah satu daerah yang masuk zona merah. Walikota Jambi, Syarif Fasha juga telah mengeluarkan instruksi penutupan sementara area publik di Kota Jambi.

“Sepekan terakhir terjadi peningkatan tajam trend kasus terkonfirmasi Covid-19 di kota Jambi dan diperkuat dengan status Zona Merah untuk Kota Jambi,” jelas Juru Bicara Pemerintah Kota Jambi, Erwandi. (tra)

sumber : suara.com

Pos terkait