BMKG Prediksi Ancaman Banjir Rob di Pesisir Surabaya

  • Whatsapp
BMKG Prediksi Ancaman Banjir Rob
Foto istimewa. (Ist)

Jambiseru.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prediksi, ada ancaman banjir rob di pesisir Surabaya, Jawa Timur, dalam waktu dekat.

Banjir limpahan dari air laut ini diprediksi bakal terjadi pada 19 hingga 23 November 2021. Menurut BMKG, penyebab banjir rob ini karena gerhana bulan sebagian pada Jumat (19/11/2021).

Baca Juga : Soal ASN Terima Bantuan Sosial, Ini Kata Risma

Peringatan tersebut disampaikan Kepala BMKG Tanjung Perak Sutarno. Menurut dia, banjir rob diperkirakan bakal menggenangi wilayah yang berada di Pesisir Surabaya barat, Pelabuhan Surabaya, Pesisir Surabaya timur, Pesisir Pamekasan dan Kalianget.

“Bertepatan dengan gerhana bulan sebagian yang mempengaruhi kondisi pasang air laut di bulan November ini berpotensi menyebabkan banjir rob di area pesisir Surabaya,” kata Sutarno, dilansir laman Suara.com (media partner Jambiseru.com).

“Dengan ketinggian 130-140 centimeter dari rata-rata permukaan air laut (DPL). Dan berdampak dengan munculnya genangan air setinggi 10 – 30 centimeter di daratan,” ucapnya.

Banjir rob diprediksi akan terjadi pada malam hari, sekitar pukul 22.00 WIB hingga 24.00 WIB. Ia pun menghimbau agar masyarakat setempat segera menyelamatkan barang berharga.

“Fenomena ini dapat mengganggu transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan,” ujarnya.

Ditambahkan, Gerhana bulan sebagian sendiri diperkirakan terjadi mulai pukul 15.00, pertama terlihat di wilayah Papua. Sedangkan di Surabaya terlihat sekitar pukul 19.00 WIB. Total durasi parsialitas gerhana kali ini selama 3 jam 29 menit 2 detik. Durasi penumbra lintas gerhana selama 6 jam 5 menit 8 detik.

Pos terkait