Ternyata Joseph Paul Zhang Bukan Nama Sebenarnya Pria yang Mengaku Nabi ke- 26

Merasa Kebal Hukum RI
Diduga Menista Agama, Jozeph Paul Jadi Incaran Polisi. Foto : Istimewa

Jambiseru.com – Ternyata Joseph Paul Zhang bukanlah nama sebenarnya dari pria yang mengaku sebagai nabi ke-26.

Berdasarkan penelusuran Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Berlin, tak ditemukan informasi mengenai Joseph Paul Zhang. Nama tersebut diduga bukanlah nama sebenarnya dari pria yang dilaporkan atas kasus penistaan agama itu.

Pihak kedutaaan RI pun juga masih terus melakukan penyelidikan terkait siapa sebenarnya pria tersebut. Polisi pun juga terus melakukan penyelidikan guna menemukan Joseph Paul Zhang. Dari informasi yang didapatkan, nama asli Jozeph Paul Zhang berinisial SPS.

Bacaan Lainnya

“Masih kita selidiki. Dalam data kita tidak ada data dengan nama demikian (Jozeph). Sementara diyakini nama aslinya bukan itu,” ujar Pensosbud KBRI Berlin Hannan Hadi, saat dihubungi, Minggu (18/2/2021).

Di sisi lain, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI juga tidak tinggal diam. Pihak Kemlu juga ikut mendalami keberadaan Jozeph Paul Zhang, yang diduga menista agama dan mengaku sebagai nabi ke-26. Sampai saat ini belum ada kepastian keberadaan Jozeph.

“Masih didalami keberadaan yang bersangkutan,” ujar juru bicara Kemlu RI Faizasyah.

Bareskrim Polri sendiri melakukan koordinasi dengan Interpol untuk memburu keberadaan Jozeph Paul Zhang. Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menduga Jozeph tidak berada di Indonesia. Polri juga berkoordinasi dengan pihak imigrasi yang mengetahui data perlintasan Jozeph Paul Zhang sudah meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018 Dalam kasus ini, Jozeph sudah dipolisikan. Jozeph Paul Zhang dipolisikan atas dugaan penistaan agama.

Laporan itu teregister LP/B/0253/IV/2021/BARESKRIM tertanggal 17 April 2021. Pelapor Jozeph ke Bareskrim, Husin Shahab, mengaku mendapat informasi bahwa Jozeph diduga berada di Jerman.

“Iya saya dengar berita, informasi, dari beberapa netizen, dia bilang bahwa Jozeph Paul ini ada di Jerman,” kata Husin saat dihubungi, Minggu (18/4/2021).

“Dan kemudian dari Pak Kapolri sendiri sudah investigasi di imigrasi, mengecek langsung bahwa orang ini memang ada bepergian, bepergian ke luar negeri,” tambahnya. (tra)

Sumber : detik.com

Pos terkait