Waspada! Virus Varian Baru Mulai Menyebar dan Lebih Mematikan

Sangat Mematikan dan Menular
Ilustrasi Virus. Foto : Istimewa

Jambiseru.com – Serangan virus di Indonesia kian mengkhawatirkan. Masyarakat diminta untuk lebih waspada. Sebab virus varian baru mulai menyebar di Jakarta dan sejumlah daerah lainnya.

Virus ini, disebut lebih mematikan dari sebelumnya. Penyebaran virus varian baru ini meningkat, diduga karena adanya transmisi lokal.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, dari data Dinas Kesehatan setidaknya ada 2 varian baru corona yang harus diwaspadai. Pertama varian Delta B1617.2 dari India dan varian Beta B1351 dari Afrika Selatan.

“Varian baru ini cukup merepotkan karena mereka memiliki kemampuan tersendiri untuk menginfeksi kita, seperti kita ambil contoh varian Delta B1617.2 yang amat mudah menyebar,” kata Widyastuti, dikutip dari PPID, Selasa (15/6/2021).

Sementara itu, varian lain yang juga perlu diwaspadai yakni varian Beta B1351 dari Afrika Selatan. Dia menjelaskan, varian ini sangat mematikan.

“Varian Beta B1351 yang amat mudah membuat gejala menjadi berat atau lebih mematikan. Meskipun menurut penelitian terakhir, seluruh varian masih dapat diantisipasi dengan vaksin, tetapi ini benar-benar harus kita waspadai bersama,” tegasnya.

Saat ini, Jakarta juga tengah meminta untuk penambahan petugas tracer guna identifikasi kasus. Harapannya dengan tracing yang lebih baik, penularan kasus bisa dicegah.

“Pemprov DKI Jakarta juga tengah mengusulkan kepada Pemerintah Pusat untuk menambah tracer (petugas yang akan melakukan pelacakan) di mana para tracer inilah yang nantinya memegang peran penting untuk melakukan deteksi dini. Sehingga, pengendalian dapat dilakukan dengan baik,” tuturnya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan varian baru corona delta atau India sudah mulai mendominasi di Jakarta. Ada sejumlah daerah lain juga yang sudah terkontaminasi varian ini.

“Untuk DKI Jakarta, Kudus, Bangkalan memang sudah terkonfirmasi varian Delta atau B1617.2 atau varian India mendominasi. Karena ini penularan lebih cepat walaupun tidak lebih mematikan,” kata Budi dalam jumpa pers virtual, Senin (14/6).

Varian India ini menurut riset di Inggris terbukti meningkatkan risiko perawatan. Apabila seseorang terpapar varian ini, kemungkinan ia dirawat di rumah sakit sampai 2,61 kali lipat. (tra)

Sumber : Kumparan.com

Pos terkait