PPP Beri Sinyal Gabung Poros Ketiga Bersama PAN dan Nasdem

PPP Beri Sinyal Gabung Poros Ketiga
Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Achmad Baidowi. (Ist)

Jambiseru.com – Jelang Pilpres 2024 mendatang, PPP beri sinyal gabung poros ketiga bersama PAN dan Nasdem. Adanya sinyal tersebut, diungkapkan langsung oleh Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Achmad Baidowi.

Dikatakannya, PPP membuka kemungkinan untuk bergabung dalam poros ketiga untuk koalisi di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Kemungkinan itu bisa saja terjadi, mengingat pemberlakuan ambang batas pencalonan presiden sebesar 20 persen.

Dengan ambang batas itu, diketahui yang memenuhi untuk mencalonkan presiden tanpa koalisi ialah PDI Perjuangan. Sementara partai-partai lain memang perlu koalisi agar perolahan suara memenuhi ambang batas.

Bacaan Lainnya

“Dengan ketentuan 20 persen kursi dan 25 persen suara itu berpotensi menjadi tiga poros. Kalau di beberapa media menyebutkan adalah satu poros PDIP, satu poros Golkar, dan satulagi poros lainnya,” kata Baidowi dalam diskusi di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (14/10/2021).

Baidowi mengatakan dalam poros ketiga itulah kemungkinan PPP bisa bergabung. Ia menyebutkan poros ketiga bisa saja gabungan dari Nasdem, PAN, dan PPP.

“Di poros yang lain itu, itu tergantung PPP juga, apakah PPP tertarik dengan poros ketiga, misalkan Nasdem, PAN, PPP itu sudah 21 persen. Itu memang memungkinkan,” kata Baidowi.

Kendati begitu Baidowi mengatakan bahwa PPP belum membicarakan hal tersebut krena dinilai masih jauh.

“Sekarang terkait dengan manufer partai lainnya, itu sah-sah kalau mau bermanufer. Karena partai politik memiliki strategi masing-masing termasuk dari PPP. PPP sebagai perwakilan partai yang religius tentu akan melengkapi partai partai yang nasionalis dari sisi religiusnya,” tandas Baidowi. (tra)

sumber : suara.com (Media Partner Jambiseru.com)

Baca berita terkait di Jambiseru.com : Usung Airlangga Hartarto Jadi Capres Golkar Butuh Satu Partai Lagi

Pos terkait