Lagi-lagi Enam Pekerja Asal China Masuk Indonesia Saat PPKM Mikro

Pekerja Asal China Masuk Indonesia
WNA asal China mendarat di Provinsi Gorontalo saat PPKM berlangsung di provinsi tersebut. Foto : Istimewa

Jambiseru.com – Lagi-lagi enam pekerja asal China masuk Indonesia saat pemberlakukan PPKM Mikro di Gorontalo, Sulawesi Selatan. Kejadian ini merupakan yang kesekian kalinya, setelah sebelumnya belasan pekerja asing juga masuk indonesia.

Berdasarkan data di Pemerintah Daerah Gorontalo, totalnya ada enam Warga Negara Asing (WNA) asal China yang masuk pada Jumat (9/7/2021).

Baca Juga : 10 Negara Termasuk China Ditetapkan Amerika Sebagai Pelanggar Kebebasan Beragama

Petugas translater di Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Poduoma Suwawa Timur, Boni Rudita mengatakan sebelum mendarat di Gorontalo, enam WNA yang bekerja di proyek pembangunan tenaga listrik tersebut telah menjalani isolasi di Jakarta.

“Kami sudah memberikan data-data mereka dan ditemukan mereka sebelumnya sudah menjalani isolasi juga di Jakarta,” ungkap Boni Minggu (11/7/2021).

Dia juga memastikan, jika WNA tersebut telah menjalani vaksinasi sebanyak dua kali dan memiliki keterangan negatif Covid-19 dari hasil pemeriksaan PCR test.

“Di Jakarta mereka telah melakukan tes PCR sebelum terbang ke Gorontalo dan dari hasil tersebut mereka dinyatakan bebas covid-19,” ujar Boni.

Selain itu, dia memastikan, jika enam WNA asal China kemudian menjalani isolasi lagi di PLTMH Suwawa Timur.

“Mereka saat ini sudah diarahkan untuk menjalani isolasi di Lokasi PLTMH Poduoma Suwawa Timur sebelum mereka mulai melakukan pekerjaan,” katanya.

Tak hanya itu, dia juga mengatakan WNA asal China rencananya akan menjadi pekerja atau tenaga ahli pembangunan PLTMH Poduoma Suwawa Timur. Sebelumnya, diketahui sudah ada sembilan pekerja asing yang tiba terlebih dahulu di PLTMH Poduoma untuk bekerja.

Merespons hal tersebut, Anggota Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo, Yuriko Kamaru menyatakan, seharusnya penerapan PPKM Mikro juga harus ditegakkan terhadap para WNA yang masuk ke Gorontalo.

“Pihak imigrasi harus berperan aktif dalam hal ini. Jika masyarakat Gorontalo saja harus diberlakukan dengan ketat terhadap PPKM, maka WNA harus lebih ketat,” katanya.

Dia menegaskan, saat ini pemprov hingga kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo sedang berfokus menekan angka penyebaran Covid-19.

Sehingga dia mengkhawatirkan, dengan masuknya WNA tersebut bisa meningkatkan angka Covid-19 di Gorontalo.

“Kita ketahui di beberapa negara saat ini, sedang mewabah Covid-19 varian baru. Maka dikhawatirkan mereka bisa membawa, dan menularkannya di daerah kita ini. Apa urgensinya WNA masuk ke Gorontalo? PPKM jangan hanya memberikan batasan kepada rakyat, sementara di sisi lain membebaskan WNA keluar masuk Gorontalo,” tambah Yuriko.

Dari informasi yang diperoleh Gopos.id, keenam WNA China itu tiba di Gorontalo melalui penerbangan domestik Batik Air. Mereka berangkat dari Jakarta, dan transit di Makassar, lalu menuju ke Gorontalo.

WNA tersebut tiba di Bandara Djalaluddin Gorontalo pada Jumat (9/7/2021) siang. Terinformasi para WNA itu akan bekerja di PLTMH di Desa Poduwoma, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango. (tra)

Sumber : Suara.com (media partner Jambiseru.com) judul asli “Terjadi Lagi! Saat PPKM Mikro, Enam Pekerja Asal China Mendarat di Gorontalo

Pos terkait