Eve, Robot Ilmuwan Pencari Obat Covid

  • Whatsapp
Robot Ilmuwan Pencari Obat Covid
Foto istimewa. (Ist)

Jambiseru.com – Swedia kini menggunakan robot ilmuwan untuk mencari atau menemukan obat Covid-19. Robot itu bernama Eve!

Eve adalah robot berbasis Artificial Intelligence (AI). Ia diprogram untuk mengotomatiskan tugas penelitian seperti menguji bahan kimia, merencanakan dan melakukan eksperimen.

“Eve akan memeriksa seluruh daftar bahan kimia yang dia miliki, dan mencoba menemukan struktur yang sama. Jadi dia memilih apa yang akan menjadi langkah selanjutnya, tergantung pada langkah sebelumnya,” kata ilmuwan Swedia, Ivgeniia Tiukova, dikutip dari laman euronews.com.

Peneliti medis di Chalmers University of Technology di Gothenburg mengatakan, Eve, mampu melakukan pekerjaan yang seharusnya dilakukan oleh ilmuwan manusia, membebaskan mereka untuk fokus pada tugas yang lebih menantang.

“Kami menguji beberapa ribu, itu akan memakan waktu cukup lama, tetapi robot ini cepat,” kata profesor kimia Chalmers Per Sunnerhagen.

Eve memulai kehidupan di Universitas Manchester di Inggris utara, di mana dia terlibat dalam mencari pengobatan untuk malaria.

Pengembang Eve, ilmuwan Inggris Ross King, mengatakan, ia berharap Eve bisa membuat penemuan jadi kreatif.

“Ini akan membebaskan ilmuwan manusia untuk membuat lompatan kreatif tingkat tinggi di mana mereka unggul, dan dengan demikian berkontribusi untuk memecahkan tantangan masyarakat,” katanya. (red)

Sumber: euronews.com