Ternyata Virus Korona Mutasi Dari India Sudah Masuk Indonesia

  • Whatsapp
meninggal akibat korona
Virus korona. (Ist)

Jambiseru.com – Ternyata virus korona mutase dari India, telah berhasil masuk ke Indonesia. Bahkan sudah ditemukan sebanyak 2 kasus. Adanya temuan virus korona mutasi dari India ini, disampaikan langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin.

Budi mengimbau, semakin waspada dengan virus varian baru ini. Pasalnya, virus varian baru ini disebut-sebut sebagai salah satu penyebab meledaknya kasus COVID-19 yang terjadi di India.

Bacaan Lainnya

“Sudah ada mutasi baru yang masuk yaitu mutasi dari India. Ada dua insiden yang sudah kita lihat, dua-duanya di Jakarta,” kata Menkes Budi dalam konferensi pers yang disiarkan Sekretariat Presiden, Senin (3/5/2021).

Tak hanya kasus varian India saja, kemenkes juga menemukan adanya kasus varian Korona Afrika Selatan di Bali. Dengan ditemukannya kasus baru ini, maka telah ada tiga varian baru virus korona dari luar negeri yang masuk ke Indonesia.

“Jadi selain mutasi dari Inggris yang sekarang sudah ada 13 insiden, sudah ada dua mutasi dari India yang masuk, dan satu mutasi Afrika Selatan,” ungkap Menkes Budi.

“Mutasi-mutasi ini yang masuk sebagai kategori variant of concern atau mutasi-mutasi yang sangat diperhatikan oleh WHO karena penularannya relatif lebih tinggi. Ini harus kita jaga mumpung masih sedikit, karena mereka pasti akan segera menyebar karena penularannya relatif lebih tinggi dari yang lain,” lanjutnya.

Menkes mengimbau agar upaya pelacakan kasus semakin diperketat demi menghadapi virus varian baru ini. Masyarakat juga dituntut untuk semakin disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Apapun virusnya, apapun mutasinya, kalau kita disiplin protokol kesehatan pakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, insya Allah seharusnya penularan tidak terjadi,” pungkas Menkes Budi. (tra)

Sumber : detik.com

Pos terkait