Heboh, Dua Harimau di Ragunan Terpapar Covid

  • Whatsapp
Pegawai Taman Safari Tewas
Foto istimewa. (Ist)

Jambiseru.com – Pandemi Covid-19 di Indonesia tak hanya dirasakan oleh manusia, tapi juga hewan. Salah satunya adalah harimau Sumatera yang ada di Taman Margasatwa Ragunan.

Dua ekor harimau Sumatera yang diberi nama Hari dan Tina dinyatakan positif Covid-19 sejak 15 Juli 2021 lalu. Hasil itu setelah sampel swab diambil dan dikirim ke Lab Bioteknologi milik Pusat Studi Satwa Primata.

Hal ini seperti diunggah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di akun Instagram miliknya yang dipantau Suara.com pada Minggu (1/8/2021) pagi.

Dalam unggahannya, Anies melampirkan sembilan foto yang memperlihatkan saat ia mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan. Dalam unggahannya juga disertai hasil uji real time RT-PCR terhadap virus Covid-19 dari harimau Tino dan Hari. Di mana hasil dari kedua harimau itu dinyatakan positif.

“Dua warga DKI Hari dan Tino terpapar Covid. Tidak ada pilihan, mereka harus isolasi. Diputuskan untuk isolasi mandiri di tempat tinggalnya. Pasokan makanan dan obat dicukupi selama isolasi dan proses penyembuhan,” ujar Anies dalam unggahannya.

Ia menjelaskan, tiga mingu lalu, perawat satwa di Ragunan memperhatikan bahwa Hari dan Tino tampak sakit dan bergejala seperti Covid, yaitu flu, lemas dan sesak nafas.

“Melihat itu, pihak TMR bertindak cepat, memanggil petugas swab paling berani di dunia untuk mengambil sampel swab Hati dan Tino…. . Ternyata hasil tes PCR menunjukkan Hari dan Tino positif Covid-19,” papar Anies.

Setelah menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat dari para dokter hewan. Harimau Hari dan Tino, disebut Anies, kini berangsur pulih dan tampak aktif.

Anies juga mengatakan, karena situasi pandemi dan Jakarta masih dalam masa PPKM level 4, maka TMR belum bisa dibuka untuk umum.

“Jadi Hari dan Tino tidak harus buru-buru kembali WFO dan punya waktu untuk menyehatkan diri sepenuhnya,” ucap Anies. (tra)

sumber : suara.com (Media Partner Jambiseru.com)

Pos terkait