Ribuan Rekening Pinjol Dibekukan, Usai Banyak Masyarakat yang Melapor

  • Whatsapp
Kantor Pinjaman Online Ilegal
Polisi gerebek kantor pinjol ilegal. (Ist)

Jambiseru.com – Akhirnya ribuan rekening pinjol dibekukan, setelah sebelumnya banyak masyarakat yang melapor. Setidaknya, Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menerima 5.327 laporan masyarakat. Laporan tersebut diterima sepanjang bulan Oktober 2021.

Ribuan rekening pinjol dibekukan pihak bank atas permintaan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Permintaan tersebut dilakukan, sebagai tindak lanjut laporan masyarakat.

Dijelaskan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, pihaknya menerima banyak keluhan masyarakat terkait rekening yang digunakan sebagai sarana menampung uang hasil penipuan pinjol.

“Sampai dengan bulan Oktober tahun 2021 ini, Kementerian Kominfo juga telah menerima 5.327 laporan rekening yang digunakan untuk penipuan terkait dengan fintech atau pinjaman online,” kata dia, Minggu (31/10/2021).

Ia menambahkan, laporan masyarakat itu menambah daftar hitam ratusan ribu rekening yang dikumpulkan oleh Kominfo melalui platform cekrekening.id yang juga dilaporkan warga.

Berbekal dari data terkait, nantinya kementerian/lembaga, serta aparat hukum yang berwenang dalam melaksanakan program penanganan dan pencegahan tindak pidana berbasis rekening.

“Adapun tindak lanjut pemutusan rekening menjadi kewenangan OJK, dan pelaku industri perbankan sesuai ketentuan perundang-undangan yang terkait,” kata Johnny, dikutuip dari Warta Ekonomi.

Ia juga berpesan agar masyarakat semakin bijak dalam memilih produk dan penyedia jasa keuangan, termasuk pinjaman online.

Selain itu, penyelenggara jasa keuangan pinjol yang legal, wajib memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat.

Pos terkait