Kota di Australia Diserbu Ribuan Burung Kakatua, Warga Tak Berani Keluar

Kota di Australia Diserbu Ribuan Burung
Foto istimewa. (Ist)

Jambiseru.com – Sebuah kota di Australia diserbu ribuan burung Kakatua putih. Serbuan ribuan burung Kakatua itu sempat membuat warga takut untuk keluar rumah, sehingga terpaksa berdiam diri di dalam rumah sampai burung-burung tersebut pergi.

Diketahui, kota kecil di Australia yang diserang ribuan burung Kakatua tersebut bernama Nowra, sebuah kota yang terletak tak jauh dari Sydney. Burung yang menyerang kota tersebut, membuat beberapa kerusakan pada fasilitas umum dan pertokoan.

Hasil identifikasi, diketahui ribuan burung Kakatua yang menyerang kota tersebut merupakan jenis corella. Burung ini biasa ditemukan di wilayah Shoalhaven New South Wales, Australia.

Diketahui, corella sendiri merupakan jenis kakatua yang bisa sangat merusak alam dan berbahaya bila dalam jumlah banyak. Demi mencari makanan, mereka kerap kali merusak tanaman hingga kebun warga.

Beberapa waktu lalu, peristiwa yang sama sempat membuat bisnis lokal kesulitan. Atap depan toko mereka hancur karena burung-burung tersebut. Belum lagi kotoran yang mereka tebar di mana-mana.

Kali ini, ribuan corella yang turun ke atap, pekarangan, hingga mobil di pagi hari tersebut membuat suara berisik. Tak ayal bila warga langsung terbangun, tapi terpaksa tetap di dalam rumah masing-masing.

Warga sekitar yang menyaksikan pemandangan ribuan burung putih menamakannya “hitchcockian” lantaran serupa adegan serangan burung gagak di film karya Alfred Hitchcock, The Birds.

Salah satu warga merekam dam mengunggah momen yang kemudian viral di TikTok lewat akun @justsheff33, Rabu (28/4/2021). Dalam video berdurasi kurang dari semenit itu, selain di atap, jalanan, dan pekarangan, tampak para burung luar juga bertengger di tiang jalan dan kabel listrik.

Beragam komentar pun diberikan warganet, kebanyakan yang merasa fenomena tersebut merupakan sebab dari manusia yang merusak alam. Tak adanya pohon di sekitar membuat para burung tak punya tempat untuk hinggap.
“Mungkin pepohonan yang dulunya ada di sana sebelum perumahan di bangun adalah tempat tinggal mereka,” kata akun @fayevids.

Meski merupakan burung yang merusak dan berbahaya, tak banyak yang bisa dilakukan terhadap corella. Sebab, burung dari subgenus kakatua berwarna putih tersebut merupakan spesies yang dilindungi. (tra)

Sumber : kumparan.com

Pos terkait