Virus Corona, Pengakuan Mahasiswa Jambi di China 2 : Bersin Sedikit Langsung Karantina

coronavirus-virus-corona-virus-korona
Novel Coronavirus (nCoV) alias virus corona yang sedang mewabah di China. (Shutterstock)

Virus Corona, Pengakuan Mahasiswa Jambi di China 2 : Bersin Sedikit Langsung Karantina

JAMBISERU.COM – China mencekam pasca serangan Virus Corona. Mahasiswa asal Jambi yang kuliah di China, baik di Wuhan maupun daerah lain, langsung merasakan dampak serangan pobia virus itu. Berikut lanjutan pengakuan mahasiswa asal Jambi di China.

BACA JUGA : Virus Corona, Pengakuan Mahasiswa asal Jambi di China 1 : 3 Bungkus Mie Untuk Beberapa Hari

Bacaan Lainnya

Selain kampus-kampus membatasi pergerakan mahasiswanya, pemerintahan China juga menutup-nutupi informasi ke luar. Padahal, di dalam negara itu sedang berkecamuk rasa takut dan teror penanganan Virus Corona.

Meski Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, sudah dikarantina, namun ketakutan penyebaran virus merebak ke kota-kota lain, termasuk kota Lanzhou, Provinsi Gansu, tempat mahasiswa asal Jambi berkuliah di sana.

BACA JUGA : Mahasiswa Jambi di China Ketakutan Dihantui Virus Corona, Pemerintah Cuek

Penuturan Ridho, salah seorang mahasiswa asal Jambi di China, gerak-gerik warga di negara Tirai Bambu itu kini selalu diawasi. Tidak sebebas sebelumnya. Malah, untuk bepergian dari satu kota ke kota lain, harus melewati beberapa kali thermo scan (pemindaian suhu badan) atau screening.

“Bisa empat sampai lima kali screening. Pokoknya jadi repot kalau mau ke kota lain,” ungkap Ido –sapaan Ridho-, Rabu (29/1/2020).

BACA JUGA : Dewan Jambi Desak Pemprov Data Mahasiswa Asal Jambi di Cina

Tak hanya itu, jika melewati tim pemindai kesehatan, seseorang harus menahan diri untuk bersin atau batuk. Kalau saja batuk atau bersin di hadapan petugas, akan langsung dikarantina.

“Misal kita bersin gara-gara debu, langsung ditangkap, terus dikarantina. Sedang yang lain kalau dengar kita bersin langsung kabur,” tuturnya.

Kepanikan China akibat Virus Corona hingga hari ini masih terjadi. Makanya, Ido Cs bersukur bisa pulang ke Jambi dengan selamat, meninggalkan semua ketakutan dan ancaman Virus Corona China.(san)

 

Pos terkait