Saat Raja Ke-14 Simalungun Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

  • Whatsapp
Rapat pengusulan raja simalungun jadi pahlawan nasional.
Rapat pengusulan raja simalungun jadi pahlawan nasional.

Saat Raja Ke-14 Simalungun Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

JAMBISERU.COM – Suku Simalungun mengusulkan salah satu Raja Simalungun untuk menjadi Pahlawan Nasional.

Bacaan Lainnya

Raja yang diusulkan menjadi pahlawan nasional itu adalah Tuan Rondahaim Saragih. Beliau merupakan Raja ke-14 dari Kerajaan Raya (Simalungun). Tuan Rondahaim Saragih diusulkan menjadi pahlawan nasional karena dinilai telah berperan dalam memimpin dan melakukan perjuangan mempertahankan wilayah Indonesia dari penjajahan Belanda.

Rapat pembahasan usulan pemberian gelar pahlawan nasional kepada Tuan Rondahaim Saragih digelar di Ruang Rapat Kaharuddin Nasution Lantai 8, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Rabu (27/5/2020).

Baca Juga : Peta Sebaran Corona di Jambi Hari Ini, PDP Turun

Rapat ini dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) yang juga Ketua Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Sumut, R Sabrina. Hadir dalam rapat ini Kepala Dinas Sosial Sumut, Rajali, Sejarawan USU, Suprayitno, Sejarawan UNIMED, Ichwan Azhari, perwakilan dari Dewan Harian Daerah (DHD) 45, LVRI, Polda, Kodam 1/BB dan tim pengusul dari FIB USU Medan.

“Pada prinsipnya tentu kita semua setuju Tuan Rondahaim Saragih diusulkan menjadi salah satu pahlawan nasional dari Sumut. Bahkan bila perlu lebih banyak lagi tokoh yang kita usulkan untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional, karena hal ini akan menjadi kebanggaan bagi kita semua,” kata Sekda Provinsi Sumut, R.Sabrina, Rabu (27/5/2020).

Menurut Sabrina, usulan tersebut harus dibuat dengan sebaik mungkin, sehingga benar-benar dapat memenuhi kriteria dan syarat yang telah ditetapkan untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional. Apalagi mengingat ini merupakan usulan yang ketiga kalinya, harus dipersiapkan secara matang.

Selengkapnya baca DI SINI

Baca Juga : 
Update Corona Jambi Kamis 28 Mei 2020, Sembuh 15
1 Warga Muara Bulian Batanghari Positif Rapid Test Corona
Golkar Tebo Masih Bingung Tentukan Jadwal Musda

Pos terkait