Banjir Sering Kepung Jakarta, Kepala BBWSCC : Asal Hujan, Lembur

  • Whatsapp
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Kepala BBWSCC Bambang Hidayah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Kepala BBWSCC Bambang Hidayah

Banjir Sering Kepung Jakarta, Kepala BBWSCC : Asal Hujan, Lembur

Jambiseru.com, Jakarta – Info banjir Jakarta hari ini. Selasa (25/2/2020), lagi-lagi ibukota RI dilanda banjir. Curah hujan ekstrim jadi penyebab utamanya. Sebagian besar wilayah Jakarta dikepung banjir, macet di mana-mana.

Bacaan Lainnya

Pantauan Jambiseru.com, hari ini, khususnya pada pagi tadi hingga siang, beberapa kawasan dilanda banjir. Kemacetan terjadi. Arus lalu lintas jadi tak lancar.

Bahkan, di Bandara Soekarno Hatta, sebagian penumpang yang datang kebingungan saat memilih kendaraan mau ke ibukota. Rata-rata sopir armada menyebut banjir membuat mereka kesulitan mencari jalan yang bebas air.

“Kami sudah sejam di bandara, mau jalan di mana-mana banjir,” ungkap Joni, seorang penumpang maskapai Lion Air dari Jambi.

Di tempat terpisah, Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Bambang Hidayah, membenarkan bahwa Jakarta dikepung banjir sejak pagi Selasa.

Penyebab banjir karena curah hujan tinggi. “Curah hujan ekstrim. Rata-rata di atas 200 mm,” ungkap Bambang Hidayah ditemui di Pintu Air Manggarai.

Meski begitu, ia bersukur karena curah hujan tak setinggi pada tanggal 1 Januari 2020 lalu.

“Waktu itu curah hujan sampai 300 mm ke atas, semua sungai melimpah,” aku mantan Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI (BWSS VI)-yang berkantor di Jambi- ini, lagi.

Ia juga mengakui bahwa setiap kali hujan melanda Jakarta di atas 1 jam, pihaknya akan langsung lembur. Posko siaga banjir bahkan sudah disiapkan sejak awal Januari 2020 lalu di kantor BBWSCC.

“Pokoknya asal hujan lama, kita langsung lembur. Standby ngawasi pintu-pintu air,” tutur Bambang.

Untuk diketahui, Gubernur Jakarta Anies Baswedan, pagi tadi sempat mengunjungi dan melihat langsung Pintu Air Manggarai. Didampingi Bambang Hidayah, Anies meminta penanganan banjir bisa lebih dipercepat.(san)

 

 

#banjir jakarta hari ini   #anies baswedan   #curah hujan   #info banjir jakarta  #sungai ciliwung  #bambang hidayah

 

Pos terkait