Di Padang, Satu Orang Tewas Karena Corona

  • Whatsapp
ilustrasi-virus-corona-covid-19
WHO resmi memberikan nama covid-19 untuk virus Corona baru dari Wuhan. (Shutterstock)

Di Padang, Satu Orang Tewas Karena Corona

Jambiseru.com – Satu lagi pasien suspect corona meninggal di Indonesia. Korban berikutnya merupakan warga Padang, Sumatera Barat yang meninggal di RSUP Dr M Jamil.

Bacaan Lainnya

Adanya pasien suspect Corona yang meninggal dunia, disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes), Sumbar Linarni Jamil pada Jumat (13/3/2020). Dikatakannya, pasien tersebut diketahui baru pulang dari ibadah umroh pada 7 Maret 2020.

Setelah beberapa hari kemudian, tepatnya 10 Maret 2020, pasien tersebut mulai merasakan gejala demam, batuk serta sesak nafas dan dirujuk ke RSUP M Djamil. Kemudian pada 12 Maret 2020 diambil swab tengkorak dan hidung dan akhirnya meninggal 13 Maret 2020.

Baca Juga : Cegah Virus Corona, KKP Bandara Jambi Bersihkan Fasilitas Umum

“Jadi pasien suspect Covid-19 bukan MERS-CoV. Kemungkinan suspect MERS-CoV sangat kecil karena pasien tidak pernah kontak langsung dengan hewan unta, tidak pernah naik unta saat melaksanakan umrah,” katanya kepada Klikpositif.com-jaringan Suara.com.

Meski begitu, dia menyatakan masih menunggu hasil swab hidung dan tenggorokan pasien yang telah dikirim ke laboratorium Litbangkes Kementerian Kesehatan.

“Meski dinyatakan suspect Covid-19, pasien yang meninggal ini memiliki penyakit penyerta yaitu diabetes melitus tipe dua,” ujarnya.

Untuk diketahui, Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUP Dr M Djamil Padang Gustavianof mengatakan, seorang pasien yang dirawat di ruang isolasi meninggal dunia.

“Pasien dalam pengawasan (PDP), masuk ke RSUP Dr M Djamil Padang satu hari yang lalu, dengan gejala demam, batuk, sesak nafas, kemudian disertai ada penyakit jantungnya,” kata Gustavianof di Mercure Hotel, Jumat (13/3/2020).

“Tadi pagi pasien tersebut meninggal dunia sekira pukul 06.05 WIB, dari RSUP langsung dibawa untuk dikuburkan,” ujarnya. (Tra)

Artikel ini sudah tayang di Suara.com (media partner Jambiseru.com dengan judul: Dinkes Sumbar Sebut Pasien yang Meninggal di RSUP M Djamil Suspect Corona”

Pos terkait