PUPR Merangin : 40 Persen Jalan Provinsi Rusak di Merangin

Kadis PUPR Kabupaten Merangin, Aspan. Foto: Edo/Jambiseru.com
Kadis PUPR Kabupaten Merangin, Aspan.Foto: Edo/Jambiseru.com

PUPR Merangin : 40 Persen Jalan Provinsi Rusak di Merangin

Jambi Seru, Merangin – Infrastruktur Jalan sepertinya menjadi Kebutuhan masyarakat saat ini untuk menjalankan Roda Perekonomian, namun saat ini masih ada sejumlah ruas jalan di Kabupaten Merangin dalam Kondisi Rusak ringan dan Berat.

Baca Juga Berita Jambi Lain : Ini Daftar Youtuber Jambi, Anda Punya Channel? Beri Tahu Kami

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Merangin, Aspan di Bangko, Merangin, Kamis (12/2/2020) menjelaskan, masih banyaknya jalan rusak di Kabupaten Merangin akibat minimnya anggaran perbaikan, pembangunan dan peningkatan kualitas jalan.

Minimnya anggaran tersebut membuat penanganan kerusakan jalan di daerah itu diutamakan pada ruas-ruas jalan utama seperti jalan antar kabupaten dan jalan pertanian.

Perbaikan jalan di Merangin akan segera dilakukan. Selama beberapa tahun terakhir, Dinas PUPR Merangin mendapatkan dana pembangunan jalan sekitar Ratusan miliar per tahun. Dana tersebut masih kurang maksimal dibandingkan panjang jalan negara yang rusak berat dan ringan ditambah ada beberapa Jalan Provinsi dan Kabupaten yang rusak.

“Jalan Negara untuk di Kabupaten Merangin 90 persen cukup Bagus dan baik. Kalau kita kalkulasikan cuma 10 persen jalan negara yang rusak ringan dan berat,”ungkap Aspan.

Dijelaskan, kondisi jalan negara di Merangin saat ini sudah cukup meningkat menyusul terus bertambahnya jalan negara yang sudah di aspal. Total panjang jalan negara yang sudah diaspal di daerah mencapai 535 km, sekitar 31,30 km masih jalan berkerikil, sekitar 491 km jalan tanah dan 127 km jalan rabat beton.

“Dan juga tahun ini mendapatkan duplikat Jembatan di Kota Bangko pada tahun 2020 ini. Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Wilayah IV Sumatera akan segera membangun duplikasi Jembatan Merangin. dananya kurang lebih sebesar Rp. 54 milyar,”jelasnya.

Sedangkan Jumlah jalan Negara yang berada di Kabupaten Merangin, Kata Aspan, yakni delapan (8) ruas dengan panjang 152, 1 KM.

“Kita juga dapat tiga titik lagi Jembatan. Yakni jembatan Sungai Tabir – Rantau Panjang, jembatan Sungai Tantan Desa Sungai Ulak dan jembatan Sungai Rasau Pamenang. Alhamdulillah, usulan dan permohonan kita di kabulkan Kementerian PUPR untuk membangun duplikasi 3 (tiga) jembatan lainnya , Insya Allah ini sudah di Setujui pusat,”ujar Aspan.

Sedangkan untuk jalan Provinsi di Kabupaten Merangin, kata Aspan, ada empat ruas jalan dengan panjang 195, 823 KM.

“Jalan simpang margoyoso – sumber agung, Jalan Air hitam simpang mentawak, Simpang pulau Rengas – Muara Siau, Muara siau – dusun Tuo, Arah Dusun tuo – Jangkat. Jalan Provinsi ini masih banyak yang rusak. Kalau yang bagus itu arah jangkat, Kalau untuk arah Tebo dan Sarolangun masih dalam kondisi Rusak ,”Tutur Aspan.

Selain jalan Provinsi, kata Aspan ada yang namanya Jalan strategis Provinsi yang berada di Kabupaten Merangin dengan panjang jalan yakni 93,547 KM.

” jalan simpang jelatang ke Air hitam sampai mentawak, Jalan Bungo ke Kuamang kuning dan Jalan Dusun tuo arah ke Jangkat, Jalan ini bisa Provinsi bisa Kabupaten yang menangani kerusakannya, “katanya.

“Kalau total Jalan Provinsi Yang rusak di Kabupaten Merangin, kami memprediksi masih berkisar 40 Persen, alami kondisi rusak berat berkisar 10 persen,”sebutnya.

Baca Juga Berita Jambi Lain : Bocah Penderita Tumor Ganas di Merangin Butuh Bantuan Dermawan

Sedangkan untuk penanganan, pihaknya terus berkoordinasi dengan kementrian PU dan juga PU Provinsi hal ini untuk kebaikan Infrastruktur di Kabupaten Merangin. (Edg)

Pos terkait