4 Langkah Sederhana Untuk Membantu Anda Membeli Laptop

membeli laptop
Laptop. (Ist)

JAMBISERU.COM – Di bagian pertama, anggaran menjadi hal utama yang wajib Anda persiapakan. Lalu, berapa ukuran layar yang umumnya digunakan?

Ukuran layar juga tidak menentukan seberapa banyak ruang yang ditampilkan, karena spesifikasi dan resolusi sangatlah penting. Kebanyakan laptop dengan harga rendah menawarkan resolusi yang rendah, walaupun tidak masalah untuk layar berukuran 13 inchi, namun jika dipaksakan dipasang pada layar 15 inchi, gambarnya akan terlihat seperti kartun.

Baca Juga : 3 Alasan Olahraga Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental Anda

Bacaan Lainnya

Jika memungkinkan, sebaiknya Anda mencoba laptop dengan spesifikasi setidaknya 1366 x 768 yang kita kenal sebagai full HD.

Model laptop yang tipis serta ringan biasanya akan dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal. Anda harus memperhatikan spesifikasinya dengan lebih hati-hati, karena salah satu cara untuk mengurangi bobot adalah dengan penggunaan prosesor yang lebih lemah, sehingga tidak memerlukan banyak pendinginan.

Anda harus memutuskan untuk menggunakan laptop biasa atau 2 in 1 yang dapat beralih fungsi menjadi tablet. Jika Anda hanya duduk dan menggunakannya di atas meja, maka jenis laptop ini dapat menjadi pilihan tepat yang cocok untuk digunakan saat bersantai.

Baca Juga : Gestur Gisella Anastasia Menunjukkan Ada yang Ditutupi Menurut Pakar

Memilih Spesifikasi Laptop

Ada beberapa parameter yang harus Anda perhatikan saat membeli laptop, yaitu CPU, RAM, hingga penyimpanan. Dimulai dari hal yang paling dasar, yaitu CPU. Mungkin Anda akan menemukan CPU dengan beberaga generasi. Jika ingin generasi terbaru, Anda bisa memilih Intel generasi ke 8 untuk mendapatkan kinerja terbaik.

Akan lebih sempurna jika Anda beralih dari Celeron ke Pentium, Core i3, Core i5, Core i7 hingga Core i9.

RAM adalah spesifikasi yang cukup sederhana dan tidak ada variabel khusus, jadi belilah Ram sebesar mungkin yang Anda bisa. 8GB harus menjadi minimum untuk laptop mainstream saat ini, tetapi 4GB masih sangat umum dan cukup. Untuk bermain game, coba gunakan RAM 16GB.

Baca Juga : Video Syur Remaja Cantik Dengan Kekasihnya Viral

Laptop tipis dan ringan biasanya tidak memungkinkan Anda untuk menambahkan lebih banyak RAM nanti, jadi pikirkan Kembali jika Anda menginginkan laptop yang akan bertahan bertahun-tahun dengan peningkatan spesifikasi.

Lalu, bagaimana dengan penyimpanan? Kita lanjut di bagian ketiga ya.

Penyimpanan, di sisi lain, lebih sulit dikelola karena produsen tidak menawarkan banyak pilihan. SSD memiliki derajat yang lebih cepat daripada hard disk dan akan membuat perbedaan besar pada kecepatan laptop

Laptop premium, terutama yang tipis, hampir secara eksklusif menggunakan SSD akhir-akhir ini, dan Anda harus mencari jenis PCIe yang lebih cepat daripada SATA.

Jangan Lupa Mencobanya Langsung

Saat ini banyak toko online yang menawarkan laptop, namun Anda harus teliti sebelum membeli. Anda harus berpikir sebelum klik “Beli”

Baca Juga : Opini Musri Nauli : Perjalanan Betuah (16)

Ada banyak penawaran online yang menggiurkan, tetapi Anda harus memastikan bahwa Anda tahu persis apa yang Anda dapatkan sebelum mengklik tombol Beli itu. Kami selalu merekomendasikan mengunjungi toko ritel dan merasakan langsung berbagai laptop. Anda dapat menguji seberapa kokoh mereka sebelum membeli laptop, seberapa baik penampilan mereka secara pribadi, dan bagaimana kinerja mereka. Periksa hal-hal seperti kualitas engsel, keawetan bahan yang digunakan, dan tentu saja bobotnya.

Juga, perhatikan baik-baik tata letak dan kualitas keyboard. Laptop yang lebih kecil dapat memiliki keyboard yang sempit, tetapi yang lebih besar mungkin juga karena mereka mencoba memasang papan angka di samping tombol QWERTY. Jika Anda banyak mengetik, papan ketik yang buruk dapat menyebabkan frustrasi yang luar biasa.

Anda dapat mengecek online untuk review dan umpan balik pelanggan. Tentu saja, evaluasi ahli dari Gadget 360 terhadap laptop memperhitungkan semua fitur dan spesifikasinya serta desain, kinerja dalam tugas dunia nyata, masa pakai baterai, dan banyak lagi. Anda mungkin juga ingin bertanya tentang dukungan jaminan yang diperpanjang, dan jumlah pusat layanan di sekitar Anda.

Itu cukup banyak yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan laptop mana yang akan dibeli. Ada banyak opsi di pasar, dan lebih banyak lagi yang diluncurkan setiap saat, tetapi jika Anda masuk ke proses dengan mengetahui apa yang Anda butuhkan, Anda akan dapat menemukan yang tepat untuk Anda.

Di bagian sebelumnya kita telah mendapatkan banyak pertimbangan. Selanjutnya adalah penyimpanan
Penyimpanan, di sisi lain, lebih sulit dikelola karena produsen tidak menawarkan banyak pilihan. SSD memiliki derajat yang lebih cepat daripada hard disk dan akan membuat perbedaan besar pada kecepatan laptop

Laptop premium, terutama yang tipis, hampir secara eksklusif menggunakan SSD akhir-akhir ini, dan Anda harus mencari jenis PCIe yang lebih cepat daripada SATA.

Jangan Lupa Mencobanya Langsung

Saat ini banyak toko online yang menawarkan laptop, namun Anda harus teliti sebelum membeli. Anda harus berpikir sebelum klik “Beli”

Banyak toko online yang menawarkan barang dengan harga yang menggiurkan, namun Anda tetap harus mengunjungi toko dan merasakan secara langsung beragam merk laptop yang akan Anda beli. Anda dapat menguji secara langsung, baik dari segi fisik dan kinerja laptop itu sendiri. Periksalah bagaimana kualitas engselnya, kualitas bahan yang digunakan, hingga bobot laptop itu sendiri.

Hal ini juga harus diikuti dengan tata letak dan kualitas keyboard. Laptop dengan ukuran yang lebih kecil dapat memiliki keyboard dengan ukuran yang lebih kecil, namun berbeda dengan laptop besar yang memiliki keyboard QWERTY dengan ukurna jauh lebih besar. Saat mengetik dengan keyboard yang tak nyaman, maka Anda akan frustasi luar biasa.

Jika memang terpaksa membeli secara online, maka Anda harus memperhatikan review yang diberikan oleh pembeli dan umpan balik yang diberikan. Tentu saja ini menjadi salahs atu faktor selain Anda harus jeli dan teliti melihat laptop secara keseluruhan, mulai dari masa pakai baterai, ketahanan, fisik laptop itu sendiri, dan bagaimana service centre nya jika Anda mengalami masalah nantinya.

Baca Juga : Kejari Batanghari Selamatkan Uang negara Sebesar USD 33.107,34

Cukup banyak faktor yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan laptop mana yang akan dibeli. Ada banyak opsi di pasar, dan lebih banyak lagi yang diluncurkan setiap saat, tetapi jika Anda masuk ke proses dengan mengetahui apa yang Anda butuhkan, Anda akan dapat menemukan yang tepat untuk Anda. (*)

Pos terkait