Akibat Corona, Pelaksanaan Formula E Ditunda Hingga Juni

  • Whatsapp
Sejumlah pengunjung melintas di samping aspal uji coba lintasan Formula E di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (22/2). [Suara.com/Angga Budhiyanto]
Sejumlah pengunjung melintas di samping aspal uji coba lintasan Formula E di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (22/2). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Akibat Corona, Pelaksanaan Formula E Ditunda Hingga Juni

Jambiseru.com– Mewabahnya virus Corona di Jakarta, mengakibatkan pagelaran Formula E ditunda pelaksanaannya di Indonesia. Penundaan perlombaan tersebut akan dilakukan hingga Juni mendatang.

Bacaan Lainnya

Adanya penundaan Formula E di Jakarta tersebut, disampaikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Secara resmi ia menyatakan kegiatan tersebut ditunda hingga 6 Juni mendatang. Penundaan ini dilakukan, karena khawatir penyebaran virus corona (Covid-19).

Sementara itu, terkait biaya komitmen yang telah distorkan Pemprov DKI Jakarta, dinyatakan Anies tidak hangus. Uang senilai Rp 360 miliar yang dananya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI itu, tetap ada. Karena kegiatan hanya ditunda.

Baca Juga : Lagi, Kebakaran Hanguskan Rumah di Senyerang

“Tidak ada yang hangus. Jadi kalau dari sisi biaya, tidak ada yang hangus,” ujar Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2020).

Untuk diketahui, Jakarta telah dikontrak menjadi tuan rumah ajang balap mobil listrik itu untuk lima tahun ke depan. Commitment Fee tersebut harus disetorkan kepada organisasi pengelola Formula E, Federation Internationale de l’Automobile (FIA).

Anies menyatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan FIA untuk pembatalan ini. Menurutnya pihak penyelenggara dan FIA memaklumi kondisi yang saat ini sudah dianggap sebagai kondisi luar biasa atau force majeure. “Karena memang ini adalah force majeure,” pungkasnya.

Sebelumnya, Anies Baswedan resmi menunda penyelenggaraan acara Formula E. Alasannya, karena wabah virus corona (Covid-19) yang masih terus menyebar.

Penundaan ini tertulis dalam surat nomor 117/-1.857.73 yang ditandangani oleh Anies. Surat ini ditunjukan kepada organizing commitee atau penyelenggaran Formula E, yakni PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Surat ini juga ditulis pada tanggal 9 Maret 2020. Dalam pernyataan tertulisnya ini, Anies menyebut pertimbangan utama penundaan karena perkembangan virus corona di Jakarta yang diketahui semakin mengkhawatirkan.

“Mencermati perkembangan COVID-19 di berbagai belahan dunia khususnya di Jakarta, maka penyelenggaraan Formula E yang semula dijadwalkan pada bulan Juni 2020 agar ditunda pelaksanaannya,” ujar Anies dalam suratnya, yang dikutip suara.com Rabu (11/3/2020). (Tra)

Artikel ini sudah tayang di Suara.com (media partner Jambiseru.com dengan judul: Formula E Batal karena Corona, Ini Nasib Duit Rp 360 Miliar Storan Anies”

Pos terkait