Di Merangin, Ada 24 Sekolah Tak Bisa Ikut UNBK

10 Instansi Dengan Pelamar CPNS
Ilustrasi. Foto : Istimewa

Di Merangin, Ada 24 Sekolah Tak Bisa Ikut UNBK

Jambi Seru, Merangin – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merangin menyebutkan, masih ada 24 sekolah yang belum bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2020.

Baca JugaDikhawatirkan Ganggu Keamanan, WNI Eks ISIS Tidak Akan Dipulangkan

Bacaan Lainnya

“Masih ada 24 sekolah yang melaksanakan ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP). Memang belum 100 persen untuk SMP yang menyelenggarakan UNBK. Masih 90 persen, sisanya, yakni 10 persen masih melaksanakan UNKP untuk tahun ini,” ungkap Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merangin, Ar Mulyadi, saat dikonfirmasi, Selasa (11/2/2020).

Mulyadi menjelaskan, sesuai dengan peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) seluruh sekolah harus melaksanakan UNBK pada tahun 2020 ini. Dan, berdasarkan data Disdik Kota Merangin, saat ini tercatat total 26 SMP yang belum bisa ikut UNBK.

”Jadi jauh meningkat dari tahun lalu,” sebutnya.

Ditambahkan Sekdin, pelaksanaan UNBK belum bisa sepenuhnya dilakukan di seluruh sekolah, karena masih terbatasnya sarana dan prasaran untuk mendukung pelaksanaan seperti komputer dan lainnya.

”Minimal sekolah harus punya sepertiga komputer dari total siswa yang akan ikut. Kalau bisa menenuhi langsung bisa UNBK. Ujian bisa digelar beberapa shift jika komputer kurang,” jelasnya.

Selain itu kata dia, faktor lain yang menyebabkan tidak bisa dilakukan UNBK di 26 sekolah tersebut dikarenakan paktor infrastruktur yang belum memadai.

“Seperti jaringan listrik, sinyal dan juga tidak tersedianya komputer ditempat tersebut. Ditambah lagi kondisi sekolah jauh,” tambahnya.

Disinggung jadwal pelaksanaan UN, Mulyadi mengaku masih menunggu informasi dari pusat. Tahun lalu pelaksanaan UNBK di laksanakan akhir April dan pengumuman satu bulan setelahnya.

”Yang tahun ini belum tahu apakah dimajukan atau seperti apa. Sebab mendekati puasa dan lebaran. Karena SMP duluan setelah itu baru diikuti SD,” ungkapnya.

Sedangkan Jumlah sekolah secara rinci yang bisa ikut UNBK yakninya sebanyak 66 sekolah.

Baca JugaSuami Paksa Istri Layani 4 Temannya, Meski Sudah Minta Ampun karena Lemas

“Terdiri dari 60 sekolah Negeri dan 6 sekolah swasta. Sedangkan jumlah siswa yang sudah terdaftar mengikuti UNBK yakninya sebanyak 3801 siswa,” pungkasnya. (edg)

Pos terkait