Pemprov DKI Jakarta Anggarkan Rp 54 Miliar Untuk Hadapi Corona

  • Whatsapp
Wabah virus corona (coronavirus) Covid-19. (Shutterstock)
Wabah virus corona (coronavirus) Covid-19. (Shutterstock)

Pemprov DKI Jakarta Anggarkan Rp 54 Miliar Untuk Hadapi Corona

Jambiseru.com – Mewabahnya virus Corona di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, mendapat perhatian serius pemerintah provinsi. Guna mencegah terus menyebarnya virus tersebut di masyarakat, pemprov DKI menggelontorkan anggaran sebesar Rp 54 miliar.

Bacaan Lainnya

Menurut Ketua Tim Tanggap Covid-19 DKI Jakarta, Catur Laswanto, anggaran yang digelontorkan tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta tahun ini, yang tak teralokasikan ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI Jakarta.

Baca Juga : Mau Salaman Dengan Pengantin, Tangan Tamu Disemprot WO

“Jadi ada anggaran APBD, anggaran belanja tidak terduga sebesar Rp 54 M untuk membiayai kegiatan yang semula tidak teralokasi di SKPD masing-masing,” ujar Catur di Balai Kota DKI Jakarta Selasa (10/4/2020).

Terkait penggunaannya, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah DKI Jakarta, Edi Sumantri menjelaskan, anggaran itu digunakan untuk membeli berbagai keperluan. Salah satunya seperti pembelian alat pelindung diri bagi para tim medis.

“Rp 54 miliar ini dianggarkan berkaitan dengan pelaksanaan tugas kesehatan misalnya pembelian pelindung diri,” jelasnya.
Permintaan alat perlindungan ini juga berasal dari Rumah Sakit (RS) yang baru menerima pasien dalam pengawasan atau suspect corona. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan dua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) DKI Jakarta itu adalah RSUD Cengkareng dan Pasar Minggu.

Karena belum lama ini menjadi rujukan, Dinkes disebutnya harus menyediakan alat perlindungan diri dan alat kesehatan lainnya bagi tim medis di sana.

“Dua RS menjadi tambahan Rumah Sakit rujukan. Pasar Minggu dan Cengkareng sudah mulai menerima Pasien dalam Pengawasan (PDP) virus Corona. Perlu penguatan tambahan alkes (alat kesehatan) terutama di Cengkareng dan alat pelindung diri,” kata dia. (Tra)

Artikel ini sudah tayang di Suara.com (media partner Jambiseru.com dengan judul: Tangani Corona di Jakarta, Pemprov Gelontorkan Anggaran Rp 54 Miliar”

Pos terkait