Tak Terpilih Jadi Menteri, Susi Pudjiastuti Disarankan Ikut Pilkada

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti saat menghadiri acara Pisah-Sambut Menteri Kelautan dan Perikanan di Ballroom Mina Bahari III Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Rabu (23/10). [Suara.com/Angga Budhiyanto]
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti saat menghadiri acara Pisah-Sambut Menteri Kelautan dan Perikanan di Ballroom Mina Bahari III Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Rabu (23/10). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

JAMBISERU.COM – Sosok Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Susi Pudjiastuti sempat ramai disebut setelah tak terpilih masuk jajaran Kabinet Indonesia Maju untuk periode 2019-2024.

Di media sosial, sejumlah pihak menyayangkan keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang enggan menunjuk Susi Pudjiastuti menjadi menteri.

Bahkan tagar #WeWantSusi sempat menjadi trending topic Twitter sebelum pengumuman kabinet, Rabu (23/10/2019).

Bacaan Lainnya

Hal itu nyatanya tak luput dari perhatian Ketua Lembaga Peneliti, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) Rustam Ibrahim.

Melalui jejaring Twitter pribadinya, ia menyebut awalnya banyak yang memandang rendah Susi saat bertugas di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), namun akhirnya justru merasa kehilangan.

“Banyak yang meragukan @susipudjiastuti ketika mulai memimpin Kementerian KKP. Ternyata sekarang publik merasa kehilangan. Bisa saja nanti Nadiem Makarim seperti Bu Susi di Kemendikbud,” cuit Rustam Ibrahim, Jumat (25/10/2019).

Tak cukup sampai di situ, Rustam lantas menyarankan menteri yang hobi menenggelamkan kapal asing untuk maju dalam Pemilihan Gubernur mendatang.

Baginya, dengan keahlian yang dimiliki, Susi layak memimpin wilayah yang dikelilingi laut seperti Kepulauan Riau atau Bengkulu.

“Bu @susipudjiastuti ikut Pilgub 2020 aja ya. Kepulauan Riau yang banyak lautnya, Bengkulu atau yang lain. Siapa tahu bisa menang,” ujar Rustam, dilansir dari laman Suara.com (media partner Jambiseru.com), Sabtu (26/10/2019).

Diketahui, posisi Susi Pudjiastuti sebagai Menteri KP digantikan oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra yakni Edhy Prabowo.

Susi Pudjiastuti mengaku senang penggantinya bukan orang yang asing dengan lingkungan KKP.

“Kekhawatiran yang ada bahwa nanti perjuangan KKP akan hilang, tidak akan ada. Pak Edhy bukanlah orang asing untuk KKP. Sekjen dirjen sampai eselon 3 semua sudah terbiasa ketemu dengan baik,” kata Susi saat Sertijab di Gedung KKP, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).

Ia berharap Edhy bisa melanjutkan kinerjanya dan terus berinovasi memajukan KKP dan menjaga kedaulatan laut Indonesia sesuai sesuai dengan visi misi Presiden Jokowi.

BACA JUGA : Terjerat Kasus Prostitusi, Putri Amelia Minta Maaf

“Banyak perubahan kontroversial barangkali, karena pak Jokowi waktu ngangkat saya bilang menteri yang akan membuat terobosan. Jadi saya terobos segala macam,” jelas Susi. (ndy)

Pos terkait