Pelantikan Lima Kades Terpilih di Muaro Jambi Ditunda

Raden Najmi
Raden Najmi, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Muaro Jambi. Foto: Uda/Jambiseru.com

JAMBISERU.COM, Sengeti – Kepala desa terpilih hasil Pilkades serentak gelombang III akan dilantik pada 28 November 2019. Akan tetapi, dari 62 Kades terpilih di Muaro Jambi tidak seluruhnya akan dilantik secara serentak.

BACA JUGA: Dewan Pertanyakan Nasib Karyawan PT ABP Pasca Kebakaran

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Muaro Jambi, Raden Najmi mengatakan, Kades terpilih yang akan ditunda pelantikannya sebanyak lima Kades. Kata Najmi, itu lantaran jabatan kepala desa yang lama belum berakhir.

Bacaan Lainnya

“Jadi yang dilantik hanya 57 kades, sedangkan pelantikan untuk lima kades terpilih lainnya akan menyusul,” kata Raden Najmi.

Dikatakan Najmi, kelima kepala desa terpilih yang ditunda masa pelantikannya tersebut adalah Kepala Desa Gambut Yaya dan Mingkung Jaya, Kecamatan Sungai Gelam. Kemudian Kepala Desa Gedong Karya Kecamatan Kumpeh, Tri Jaya dan Adipura Kencana, Kecamatan Bahar Selatan.

Raden Najmi menyebutkan, sebenarnya ada delapan desa di Muaro Jambi yang telah melaksanakan pilkades, tetapi masa jabatan kepala desanya baru akan berakhir pada Januari. Tiga dari delapan desa tersebut telah memutuskan untuk mengikuti pelantikan serentak dengan membuat surat pernyataan kepada Dinas PMD Muaro Jambi.

“Dari delapan desa itu, hanya lima yang ditunda pelantikannya. Tiga desa lainnya ikut dalam pelantikan serentak. Kepala desanya sudah membuat pernyataan legowo mengakhiri masa jabatannya meski masih tersisa sekitar dua bulan lagi,” sebut Raden Najmi.

Para kepala desa yang membuat pernyataan itu adalah Kepala Desa Ramin Kecamatan Kumpeh Ilir, Kepala Desa Ibru, Kecamatan Mestong dan Kepala Desa Tarikan, Kecamatan Kumpeh Ulu.

Raden Najmi menyebut bahwa pihaknya telah melaporkan rencana dan jadwal pelantikan kades serentak tersebut kepada Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro.

“Ibu bupati setuju, beliau menyarankan pelantikan itu segera dipersiapakan agar pelayanan di tengah mayarakat tidak sampai terganggu,” tandasnya.

BACA JUGA: Al Haris Raih Penghargaan dari Kemenkes dan Kemendagri

Sementara, pelantikan Kades terpilih itu akan dilantik Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro. Pelantikan diadakan di Pendopo Kantor Bupati Muaro Jambi.(uda)

Pos terkait