Perkedel Ikan Gabus Tebu Bawa Muaro Jambi Juara di Jambore PKK

perkedel ikan gabus
Perkedel Ikan Gabus Tebu bawa Muaro Jambi Juara di Jambore PKK. Foto: Uda/Jambiseru.com

JAMBISERU.COM, Sengeti – Olahan makanan perkedel ikan gabus tebu, berhasil membawa Kabupaten Muaro Jambi juara di ajang lomba Inovasi Masakan Berbahan Baku Ikan tingkat Provinsi Jambi.

BACA JUGA: Status Pengemis Camat Sekernan Ditunjukkan untuk Pegawai Kantor

Lomba tersebut diadakan dalam pegelaran Jambore PKK tingkat Provinsi Jambi. Lomba itupun diikuti 10 Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi. Namun, hanya Kota Sungai Penuh yang tak mengikuti. Dalam perlombaan itu, Kabupaten Muaro Jambi diwakili oleh Dinas Perikanan Muaro Jambi.

Bacaan Lainnya

Olahan perkedel ikan gabus tebu itu ternyata diracik oleh siswa SMKN 1 Muaro Jambi, Riyaldi. Ikan gabus itu diolah dan dijadikan sebuah makanan perkedel. Sedangkan tebu, dijadikan sebagai gagang atau pegangan perkedel tersebut.

Kepala Dinas Perikanan Muaro Jambi, Paruhuman Lubis mengatakan, ada dua kategori yang diperlombakan di ajang Inovasi Berbahan Baku Ikan tersebut. Kategori pertama yaitu, menu pembuka. Di situ, Kabupaten Muaro Jambi menyajikan puding mangga yang dihiasi dengan bentuk ikan. Sedangkan perkedel ikan gabus tebu, sebagai menu utamanya.

perkedel
Perkedel Ikan Gabus. Foto: Uda/Jambiseru.com

“Alhamdulillah kita dapat juara I di kategori menu utama. Makanan yang kita bawa perkedel ikan gabus tebu,” kata Paruhuman Lubis yang kerap disapa bang Ucok, Jumat (6/9/2019).

“Hadiah yang kita dapat berupa tropi dan bingkisan,” ujarnya.

Paruhuman menambahkan, buah tebu itu dijadikan sebagai gagang, agar menjadi ciri khas sendiri. Karena selain sebagai pegangan, tangkai tebu itu juga dapat menimbulkan rasa manis dari olahan perkedel ikan gabus itu.

Selain itu, Paruhuman juga menyebutkan bahwa, Jambore PKK kali ini, ada 12 kategori yang diperlombakan. Kata dia, Muaro Jambi menang di dua kategori, kategori lomba Inovasi Masakan Berbahan Baku Ikan dan lomba Masakan Serba Ikan.

“Untuk lomba masakan serba ikan kita meraih juara II. Kita tampilkan menu masakan keluarga, Tenggiri Gulung Selimut dan Pisang Kuah Kelapa. Alhamdulillah para juri terkesan,” sebutnya.

BACA JUGA: Kabut Asap Kembali Muncul di Kumpeh

Selanjutnya, dengan meraihnya juara di Jambore PKK tingkat Provinsi Jambi itu. Olahan makanan perkedel ikan gabus tebu tersebut akan kembali diperlombakan di ajang Jambore PKK tingkat Nasional.(uda)

Pos terkait