BKSDA Jambi Amankan Tiga Gajah Liar

BKSDA
BKSDA Jambi amankan tiga Gajah liar. Foto: Yogi/Jambiseru.com

JAMBISERU.COM, Jambi – Tiga ekor gajah Sumatera yang meresahkan warga Kecamatan Mersam, Batanghari beberapa waktu lalu, ternyata sudah lima bulan lepas dari daerah Restorasi Ekosistem Alam Bukit Tiga Puluh (ABT) Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi.

BACA JUGA: Dapat Dukungan Gerindra, Bamsoet Resmi jadi Ketua MPR

Kepala BKSD Jambi, Rahmad Saleh mengatakan, tiga gajah jatah muda Sumatera tersebut dipersal dari habitatnya mulai pada bulan Mei hingga September 2019.

Bacaan Lainnya

“Tiga gajah jantan Sumatera itu keluar mulai dari Kecamatan Tebo Ilir, Kecamatan Maro Sebo dan selama kurang lebih 3 bulan terkhir berada di Kecamatan Mersam,” kata Rahmad Saleh saat konfrensi Pers, Kamis (3/10/2019).

Rahmad menambahkan, selama masa dispersal, ketiga gajah tersebut melewati kebun dan sawah milik masyarakat. Sehingga beberapa tanaman di makan oleh gajah tersebut.

“Akibatnya, masyarakat resah dan petani menuai kerugian. Selain itu, juga terdapat seorang warga yang terluka,” ujarnya.

Selain itu, Rahmad juga mengatakan bahwa, setelah mengetahui keberadaan tiga gajah itu, tim gabungan BKSD langsung terjun dan melakukan pembiusan terhadap gajah tersebut.

gajah
Proses evakuasi tiga ekor gajah liar di Mersam. Foto: Rizki/Jambiseru.com

“Gajah itu kita dapatkan di Desa Sengkati Baru, Kecamatan Mersam, pada Sabtu 28 September 2019 lalu,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Rahmad menyampaikan bahwa, setelah dilakukan pembiusan terhadap tiga gajah tersebut, selanjutnya tim langsung melakukan evakuasi dengan cara ditarik serta menggunakan gajah jinak hingga ke titik truk angkut.

“Pada hari Minggu 29 September 2019, sekitar pukul 01.00 WIB dini hari, tiga gajah itu langsung dibawa ke habitat semulanya. Kemudian, sekitar pukul 10.00 WIB gajah paling besar dilakukan pemasangan GPS Colarr, lalu gajah itu dilepaskan,” sebutnya.

Rahmad juga menyebutkan bahwa, saat ini di Restorasi Ekosistem Alam Bukit Tiga Puluh (ABT) Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, sudah terdapat sebanyak 120 gajah.

“Di sana sudah ada sekitar 90 sampai dengan 120 gajah,” tandasnya.

BACA JUGA: Kadis Ketahanan Pangan Muaro Jambi Jarang Ngantor

Untuk diketahui, ciri-ciri tiga gajah yang diselamatkan tersebut yaitu, pertama, gajah jantan dengan tinggi 218 cm, lingkar bagian depan 351 cm dan berat badan 2.497 kg. Kedua, gajah jantan dengan tinggi 198 cm, lingkar bagian depan 345 cm dan berat badan 2.192 kg. Terakhir, gajah jantan dengan tinggi 207 cm, lingkar bagian depan 386 cm dan berat badan 2.868 kg. (cr1)

Pos terkait