Menelusuri Kampung yang Diduga Tempat ‘KKN Desa Penari’

kampung kkn desa penari
Kampung 'hilang' di Banyuwangi (Ardian Fanani/detikcom)

JAMBISERU.COM – Lokasi perkampungan yang diduga tempat ‘KKN Desa Penari’ kini tanpa penghuni. Kampung Darungan atau Pendarungan ditinggal oleh penduduknya. Ada tiga kampung lain yang juga sudah menjadi kampung kosong tanpa penghuni.

BACA JUGA: Serukan Referendum Papua, Alasan Polisi Tetapkan Veronica Koman Tersangka

Sebagian sudah menjadi puing-puing dan rata dengan tanah. Jadi total ada empat kampung yang ada di perkebunan Bayu Lor. Diduga salah satu perkampungan itu merupakan lokasi ‘KKN Desa Penari’. Empat desa itu adalah Bujuk, Pendarungan, Sebani, dan Arjosari.

Bacaan Lainnya
coretan kkn
Coretan di Kampung ‘Hilang’ Banyuwangi (Ardian Fanani/detikcom)

Kampung-kampung itu berjarak sekitar 2 kilometer. Untuk sampai perkampungan itu, harus melalui jalan berbatu dan sempit. Jalan setapak tersebut hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

“Di perkebunan itu ada empat yang sudah ditinggal oleh penduduknya. Sebani, Darungan, Arjosari, dan Bujuk,” ujar Sugito, Kades Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, dilansir dari laman Detikcom, Rabu (4/9/2019).

Dari empat perkampungan itu, kata Sugito, dahulu terdapat 300 keluarga. Namun, seiring berjalannya waktu, perkampungan tersebut ditinggal penduduknya dan tersisa hanya 50-an keluarga. Kini mereka menetap di perkampungan Kali Tepak, wilayah perkebunan Bayu Lor.

“Sudah tidak ada, ditinggal penduduknya sekitar tahun 2000-an. Bertahap, terakhir di 2009 sudah tidak ada orang di sana,” tambah Sugito.

Baca juga : Monitor Link KKN di Desa Penari Full Movie

Detikcom sempat mengunjungi dua perkampungan, yakni Bujuk dan Darungan. Sedangkan Sebani dan Arjosari tak bisa dijangkau lantaran jalan yang rusak, bahkan cenderung tak berbekas. Di perkampungan Bujuk saja hanya ada bangunan bekas kamar mandi, sisanya rata dengan tanah.

Sementara itu, di Darungan, bangunan yang ditinggal penghuninya tersebut masih kokoh meski ada beberapa kerusakan. Rumah-rumah tersebut ditumbuhi ilalang di sekitar bangunan.

Seperti yang sebelumnya diceritakan akun Twitter @SimpleM81378523, ada enam mahasiswa-mahasiswi yang menggelar KKN di Kota B, Jawa Timur, pada 2009 akhir. Mereka merupakan mahasiswa-mahasiswi angkatan 2005/2006 dari sebuah perguruan tinggi di Kota S.

ruang rumah
Ruangan rumah di Kampung ‘Hilang’ di Banyuwangi (Ardian Fanani/detikcom)

Enam calon sarjana yang menggelar KKN tersebut adalah Ayu, Nur, Widya, Wahyu, Anton, dan Bima. Dua di antaranya meninggal setelah melewati seabrek hal mistis di tempat KKN tersebut.

BACA JUGA: Sadis! Cucu Gorok Leher Kakek Hingga Tewas Bersimbah Darah

Setelah kisah mistis itu viral, banyak orang yang berspekulasi dan melakukan penelusuran mengenai tempat ‘KKN Desa Penari’ itu berlangsung. Salah satu lokasi yang jadi sorotan adalah Kampung Darungan. (put)

Jambi Berita Terkini, Indonesia Terbaru, dan entertainment film yang tayang di web Jambiseru.com, juga tayang di medsos Jambi Seru.

Bisa lihat di:

1. Facebook Jambi Seru

2. Instagram Jambi Seru

3. Twitter Jambi Seru

4. Google News Jambi Seru

JANGAN LUPA FOLLOW, LIKE DAN SHARE MEDSOS JAMBISERU.COM

Informasi dan ingin kegiatan Anda diliput, hubungi redaksi Jambi Seru HP/WA : 0852-6759-9009 (Whatsapp Klik di sini )

Pos terkait