Suap Dana Hibah, Taufik Hidayat Akui Dicecar KPK soal Imam Nahrawi

Pebulu tangkis legendaris, Taufik Hidayat seusai diperiksa di KPK. (Suara.com/Welly Hidayat).
Pebulu tangkis legendaris, Taufik Hidayat seusai diperiksa di KPK. (Suara.com/Welly Hidayat).

JAMBISERU.COM – Pebulu tangkis legendaris Taufik Hidayat telah merampungkan pemeriksaan terkait kasus suap dana hibah Kemenpora kepada KONI yang ditangani KPK. Selama hampir 10 jam, Taufik menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus tersebut.

BACA JUGASangar Berpeci Biru, Ini Wajah Abah Grandong Si Pemakan Kucing Hidup-hidup

Kepada wartawan, Taufik mengaku dicecar penyidik KPK terkait jabatannya sebagai mantan Staf Khusus Menteri Pemuda dan Olahraga tahun 2017-2018.

Bacaan Lainnya

“Diminta keterangan saja. Saya kan stafsus Kemenpora 2017-2018, itu aja. Ditanya saya di situ tupoksinya sebagai apa,” kata Taufik di Lobi Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis 1/7/2019).

Taufik mengaku sebanyak 9 pertanyaan ditanyakan penyidik terkait hubungan dekatnya dengan Menpora Imam Nahrawi. Taufik mengaku tak ada pertanyaan dari penyidik mengarah ke suap dana hibah Kemenpora kepada KONI.

“Ya, kenal Pak Imam di mana, itu-itu saja, enggak ada yang gimana-gimana. Tentang Menpora saja sih, yang lain nggak ada, itu saja,” tutup Taufik.

Dalam perkara itu, Sekjen KONI Ending Fuad Hamidy divonis 2 tahun dan 8 bulan penjara ditambah denda Rp 100 juta subsider 2 bulan. Sedangkan Johny E Awuy divonis 1 tahun dan 8 bulan penjara ditambah denda Rp 50 juta subsider 2 bulan.

Keduanya dinilai terbukti menyuap Deputi IV bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Mulyana, Asisten Olahraga Prestasi pada Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Adhi Purnomo dan Staf Deputi IV Olahraga Prestasi Kemenpora Eko Triyanta agar dapat memperlancar 2 proposal dana hibah yang diajukan oleh KONI.

Dalam putusan tersebut, hakim juga menilai bahwa asisten pribadi (aspri) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi bernama Miftahul Ulum terbukti menerima Rp11,5 miliar serta ATM dan buku tabungan dari sekjen dan bendahara umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

BACA JUGALama Tak Terdengar, Eks Pebulu Tangkis Taufik Hidayat Diperiksa KPK

“Untuk memenuhi commitment fee yang diminta, Ending Fuad Hamidy dan Johny E Awuy telah juga memberikan kepada Miftahul Ulum selaku aspri menteri melalui Arief Susanto selaku protokoler Kemenpora yang seluruhnya berjumlah Rp11,5 miliar untuk kepentingan Menpora,” kata hakim Arifin di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (20/5/2019). (ndy)

Pos terkait