Dua Pemuda Asal Sumbar Ditangkap Usai Retas Website Setkab

Dua Pemuda Asal Sumbar Ditangkap
Foto ilustrasi. (Ist)

Jambiseru.com – Dua pemuda asal Sumatera Barat (Sumbar) ditangkap, usai meretas website Sekretaris Kabinet (setkab). Setelah tertangkap, keduanya dibawa ke Mabes Polri.

Kedua pelaku berisial BS alias ZYY (18) dan MLA (17) yang merupakan pemuda asal Sumatra Barat (Sumbar).
Penangkapan kedua pelaku dibenarkan Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono. Menurutnya, kedua pelaku ditangkap di lokasi berbeda di daerah Sumbar.

“BS ditangkap pada 5 Agustus 2021 di Tabing Bandar Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang. Sedangkan MLA alias Lutfifake di Perumahan Hansela Garden, kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya pada 6 Agustus 2021,” katanya, Minggu (8/8/2021).

Bacaan Lainnya

Saat penangkapan, pihaknya menyita barang bukti berupa dua laptop beserta cargernya dan tiga handphone.

“Selanjutnya kedua terduga peretas tersebut telah dibawa ke Mabes Polri guna penyelidikan lebih lanjut,” tuturnya.
Selain itu, Rusdi juga mengungkap motif pelaku peretas tersebut yakni dengan merubah tampil website. Namun motif lainya, masih dilakukan pendalaman.

“Motif sementara mereka (peretas) mengubah tampilan website. Kami masih dalami motif-motif lainnya,” tuturnya.
Kemudian penangkapan kedua pelaku juga dibantu tim dari Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar. Selanjutnya pemrosesannya diserahkan ke Mabes Polri.

“Kami hanya sekadar membantu dan memfasilitasi dalam proses penangkapan. Sepenuhnya, penanganan dilakukan di Mabes Polri,” kata Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Satake Bayu Setianto. (tra)

sumber : suara.com (Media Partner Jambiseru.com)

Pos terkait