PPDB 2023 Segera Dibuka, Gubernur Al Haris Minta Utamakan Zonasi

ppdb 2023

JAMBI, Jambiseru.com – Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023 di Provinsi Jambi segera dibuka. Pembukaan PPDB 2023 ini ditandai dengan apel PPDB 2023 yang dipimpin Gubernur Jambi, Al Haris pada Selasa (6/6/2023).

Kegiatan apel yang digelar di SMAN 5 Kota Jambi itu, diikuti oleh seluruh Kepala SMA, SMK dan SLB se-Provinsi Jambi.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Al Haris meminta agar proses PPDB 2023 ini harus berkualitas. Selain itu, mengutamakan jalur zonasi. Al Haris juga menegaskan, agar tidak ada lagi titip-titipan anak untuk masuk ke sekolah tertentu.

“Kami sepakat bersama-sama bahwa setiap tahunnya kualitas dan mutu PPDB mesti berkualitas. Juga merubah pola pikir masyarakat yang tadinya hobi titip anak pada orang untuk diurus masuk sekolah, ada yang bayar, ini kita hilangkan semuanya. Kita ingin memulai sesuatu dengan baik, PPDB yang bersih, tidak ada embel-embel titipan lagi,” kata Al Haris.

Dikatakan Al Haris, dengan PPDB yang berkualitas, diharapkan dapat melahirkan anak Jambi yang berkualitas pula. Untuk mewujudkan hal itu, Al Haris juga mengharapkan peran masyarakat untuk mendukung pemerintah dalam menciptakan PPDB yang bersih dan berkualitas.

Ditambahkannya, dengan PPDB yang bersih, jujur dan berintegritas akan lahir generasi Jambi yang juga berkualitas dan mampu bersaing dengan anak-anak di Pulau Jawa.

“Dengan cara ini maka akan muncul anak Jambi masuk sekolah dengan bersih jujur dan berintegritas, kalau sudah begitu pola penerimaannya saya yakin hasilnya juga bagus, sehingga anak yang masuk ke sekolah itu anak-anak yang tersaring dengan kemampuannya,” sebutnya.

Gubernur Al Haris juga menyampaikan kepada kepala sekolah agar PPDB 2023 ini mengutamakan jalur Zonasi. Al Haris juga mengatakan akan memonitor langsung proses PPDB hingga ke sekolah-sekolah.

“Zonasi adalah yang paling tinggi nilainya, selanjutnya lihat prestasi, dan nilainya baru kita lihat nanti. Saya akan monitor PPDB langsung ke sekolah, saya nanti ada akan melihat langsung ke sekolah,” tegas Al Haris.

Untuk diketahui, ada empat jalur PPDB yakni jalur zonasi, jalur prestasi, jalur afirmasi, dan jalur pindah tugas orang tua. Sedangkan untuk jadwal PPDB akan dibuka beberapa tahap.

Proses PPDB jalur afirmasi akan dibuka lebih awal yakni mulai tanggal 9 sampai 23 Juni 2023. Lalu untuk PPDB jalur Zonasi, pindah tugas orang tua, dan prestasi dan non prestasi akademik dimulai tanggal 19 sampai 23 Juni 2023.

Pada PPDB kali ini atau tahun ajaran 2023/2024, total kuota penerimaan sekolah negeri untuk SMA dan SMK di Provinsi Jambi berjumlah 52.786 orang. (tra)

Pos terkait