Bergelimang Lumpur, Al Haris Pimpin Evakuasi Tanah Longsor di Pangkalan Jambu

Al Haris Pimpin Evakuasi Tanah Longsor
Bergelimang Lumpur, Al Haris Pimpin Evakuasi Tanah Longsor di Pangkalan Jambu. Foto : Edo/Jambiseru.com

Jambiseru.com – Tak ingin menunda waktu, begitu mendapat kabar adanya tanah longsor yang menutup akses Bangko-Kerinci, Bupati Merangin, Al Haris langsung turun tangan. Ia langsung bergegas ke lokasi untuk memimpin jalannya evakuasi.

H Al Haris tiba di lokasi longsor di Desa Birun, Kecamatan Pangkalan Jambu, Kabupaten Merangin pada Senin (29/3/2021) sekitar pukul 19.30 WIB. Ia pun tak segan-segan bergelimang lumpur saat memimpin proses pengerukan material longsor.

Setelah sekitar satu jam bupati berbecek-becek dan berlumpur, bersama anggota TNI, Polri, Dinas PUPR Merangin, aparat desa dan kecamatan serta dibantu warga setempat, semua material longsor berhasil dibersihkan. Akses jalan pun akhirnya terbuka kembali.

Bacaan Lainnya

Longsor akibat curah hujan yang cukup tinggi, melumpuhkan arus lalulintas sekitar dua kilometer itu, akhirnya kembali lancar.

“Alhamdulillah kendaraan-kendaraan ini sudah bisa lewat,” ujar Bupati dengan kondisi kaki berlumpur.

Al Haris mengungkapkan, jika dirinya tidak ingin warga dari Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh tidak bisa keluar karena jalannya tertutup longsor. Untuk itu ia berencana membangun jalan evakuasi atau jalan alternative jalur lintas Jambi-Kerinci.

“Tujuan jalan alternative itu jika ada kejadian seperti longsor ini, arus lalulintas bisa menempuh jalan lainnya. Sehingga jalan Bangko-Kerinci ini tidak menjadi jalan satu-satunya yang kapan saja bisa lumpuh,” terang Bupati.

Sementara itu para sopir dan pengendara dari arah Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh, begitu kendaraannya bisa melewati jalan tersebut, malam itu mengucapkan terimakasih kepada bupati.

“Terimakasih Pak Bupati, kami sudah bisa lewat. Betul Pak Bupati harus dibangun jalan alternative, sehingga kami bisa menempuh jalan lain kalau jalan ini longsor lagi,” ujar Saiful salah seorang sopir. (edo)

Pos terkait