Hadapi Corona, Kota Jambi Gratiskan PDAM

Humas PDAM Tirta Mayang Kota Jambi, Rendi. Foto: Yogi/Jambiseru.com
Humas PDAM Tirta Mayang Kota Jambi, Rendi.Foto: Yogi/Jambiseru.com

Hadapi Corona, Kota Jambi Gratiskan PDAM

Jambi – Dalam menghadapi wabah Corona, Pemerintah Kota Jambi melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mayang Kota Jambi, akan menggratiskan pelanggan. Seluruh pelanggan akan bebas tak membayar tagihan selama dua bulan pemakaian air.

Baca Juga : Anda Mahasiswa dan Dosen yang Kehabisan Pulsa? Ini Solusi Ditawarkan Kemendikbud

Akan tetapi tidak semua pelanggan yang bisa dapat air gratis. Pasalnya, pihak PDAM hanya menggratiskan pelanggan kelompok rumah tangga R1 dan kelas Sosial.

Bacaan Lainnya

Humas PDAM Tirta Mayang Kota Jambi, Rendi, menjelaskan, kelompok R1 adalah kelompok kelas menegah kebawah. Pada golongan ini, biasanya pemakaian airnya satu bulan sekitar 18 kubik.

Baca Juga : H Al Haris Siapkan Rp 30 M Untuk Cegah Corona

“Sedangkan untuk kelas sosial seperti rumah ibadah dan tempat pelayanan fasilitas lainnya,” jelasnya kepada Biru (Jambiseru), Senin (6/4/2020).

Kata Rendi, alasan untuk mengratiskan tagihan PDAM itu, karena maraknya wabahnya virus Corona di Kota Jambi. Dan PDAM Tirta Mayang langsung mengotomatiskan penggratisan itu.

“Tagihan itu terhitung dari April ini sampai bulan Mei. Untuk para pelanggan dalam ketegori R1 dan sosial tidak ada persyaratan, karena PDAM langsung mengotomatiskannya,” tambahnya.
Rendi menambahkan, seandainya kelompok R1 dan kelas sosial itu melebihi pemakaian dengan persyaratan 20 kubik. Maka mereka hanya diwajibkan bayar yang lebihnya saja.

“Jadi seandainya mereka memakai 1 bulan 21 kubik. Mereka hanya membayar yang 1 kubiknya saja. Yang 20 kubiknya gratis,” lanjutnya.

Terhitung dari 1 April, PDAM Tirta Mayang Kota Jambi, sudah otomatis mengratiskan Kelompok R1 dan sosial.

Baca Juga : Sah, Seluruh Fraksi DPRD Tanjab Barat Sepakat Menunda Pembangunan Gedung Banggar

kata Rendi, di Kota Jambi golongan sosial yang digratiskan ada sebanyak 1.045, sedangkan untuk R1 ada sebanyak 26.383.

“Sedangkan yang bukan termasuk kategori R1 dan sosial membayar seperti biasanya. PDAM Tirta Mayang mensumbangsi sekitar 4 Milayar lebih untuk menggratiskan PDAM,” tutupnya. (yog)

Pos terkait