Sekda Tanjabbar Buka Secara Resmi Kegiatan Jamcab Tahun 2022

Sekda Tanjabbar Buka Secara Resmi Kegiatan Jamcab Tahun 2022
ekda Tanjabbar, Agus Sanusi foto bersama kontingen dari Kuala Betara. Foto: Cr01/Jambiseru.com

Jambi Seru – Sekretaris Daerah Tanjung Jabung Barat (Sekda Tanjabbar), Agus Sanusi, selaku Ketua Kwartir Cabang pimpin upacara sekaligus membuka kegiatan Jambore Cabang (Jamcab) Tahun 2022 Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tanjabbar, di Halaman Kantor Camat Betara, Rabu (25/5/2022).

Dalam laporanKetua Panitia Pelaksana Jamcab, Wahidin, sampaikan peserta kegiatan Jamcab Tanjabbar Tahun 2022 ini adalah pramuka penggalang putra dan putri yang diikuti oleh 10 Kwartir Ranting (Kwaran). Tiga Kwartir Ranting yang tidak mengikuti Jambore Cabang adalah Kwaran Batang Asam, Tebing Tinggi dan Seberang Kota.

Sementara itu Sekda Tanjabbar Agus Sanusi, dalam amanatnya menyampaikan, bahwa Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, mengamalkan pancasila serta melestarikan lingkungan hidup.

Bacaan Lainnya

“Kepribadian dan berkecakapan hidup adalah satu kalimat singkat yang bisa menggambarkan amanat UU gerakan pramuka tersebut. Dua aspek fisik yang sudah semestinya diterapkan pada setiap pribadi bangsa Indonesia,” ujar Sekda.

Sekda menambahkan, menggalakkan pramuka itu sangat penting, sebab akhir-akhir ini ada kecenderungan pramuka kurang diminati oleh para pelajar, pemuda dan mahasiswa.

“Agar gerakan pramuka memiliki daya tarik sebagai kegiatan ekstrakulikuler, saya minta dilakukan upaya peningkatan kualitas pembinaan serta pembenahan organisasi dan manajemen, khususnya di Kwarcab Tanjabbar,” kata Sekda.

Sekda juga mengimbau kepada Kepala-Kepala Sekolah di Kabupaten Tanjabbar, untuk turut berperan serta mendukung pencapaian tujuan Gerakan Pramuka khususnya disekolah.

“Hal ini perlu terus dijaga serta dipelihara dan semoga pelaksanaan kegiatan Jambcab Tahun 2022 Kwarcab Tanjabbar ini dapat mendorong perkembangan dan kemandirian gerakan pramuka, untuk mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda yang lebih baik, sebagai calon pemimpin di masa depan khususnya di Kwarcab Tanjung Jabung Barat,” tutup Sekda.

Seusai Upaca Pembukaan Jamcab, kegiatan dilanjutkan dengan Kunjungan Ketua DPRD Tanjabbar dan Ka Kwarcab serta Para Andalan Cabang ke masing masing tenda peserta.

Upaca pembukaan Jamcab, turut dihadiri oleh Para Anggota Mabincab, Para Andalan Cabang, Pelatih, DKR, Para Camat selaku Kamabiran, Ka Kwaran, Kamabigus, Para pembina gugus depan, Pramuka Penegak, Pandega dan Pembina Pendamping, Pimpinan Kontingen, serta seluruh Peserta Jamcab. (cr01)

Jambi Berita Terkini, Indonesia Terbaru, dan entertainment film yang tayang di web Jambiseru.com, juga tayang di medsos Jambi Seru.

Pos terkait

banner pln