Bupati Fadhil Siapkan Langkah Yang Tepat Untuk Honorer

Fadhil Sebut Perubahan RTRW
Bupati Batanghari, M. Fadhil Arief.Foto: Rizki/Jambiseru.com

Jambi Seru – Bupati Batanghari, M. Fadhil Arief akan mengambil langkah jitu dalam menyikapi aturan pemerintah pusat terkait penghapusan tenaga honorer. Bupati masih berupaya agar tenaga honorer di Batanghari tetap bisa dipertahankan melalui jalur lain.

“Iya, saat ini sedang kita pelajari petunjuk tersebut. Jika terdapat kekurangan dan kebutuhan terhadap tenaga ASN, sejatinya bisa ditutupi dengan mekanisme perekrutan PPPK,” ungkap Bupati Batanghari, M. Fadhil Arief, Rabu (08/06/2022).

Dikatakan Fadhil, yang perlu diingat saat ini, di Bumi Serentak Bak Regam terdapat kebutuhan yang amat besar untuk tenaga guru dan tenaga kesehatan. Namun, ada sedikit kendala apabila diangkat akan membutuhkan anggaran yang cukup besar.

Bacaan Lainnya

“Support anggaran ini, kita juga minta dengan pemerintah pusat,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPW PPP Jambi ini.

Disebutkan Fadhil, Batanghari sebagai wilayah kabupaten, dengan daerah hulu pertanian. Adanya undang-undang nomor 28 tahun 2009 secara PAD akan sulit menutupi pembiayaan itu. Sebab sumber batasan yang dimiliki kabupaten yang punya SDA, tidak besar bagiannya, tapi untuk wilayah kota mungkin lebih bisa digenjot

“Formulasi ini yang coba kita sesuaikan, kemampuan keuangan daerah terus kebutuhan terhadap tenaga yang diangkat,” terangnya

Dilanjutkan Fadhil, terkait tenaga honorer yang ada saat ini segera mungkin untuk menyiapkan diri, sebab apabila masuk ke PPPK maka akan diasesmen sesuai dengan kompetensi yang dituntut oleh negara.

“Tahun ini, formasi akan kita usulkan tapi menunggu persetujuan dari pemerintah pusat. Secara bertahap sesuai kemampuan keuangan daerah. Kebutuhan kita sangat besar di dua dinas yaitu Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,” kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Asprov PSSI Jambi ini. (riz)

Pos terkait